Kabiro Ortala Kemenag RI Lakukan Monev dan Pembinaan di Kemenag Pati

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati, Humas— Kepala Biro Ortala Kementerian Agama RI Akhmad Lutfi, melakukan monitoring keortalaan dan memberikan pembinaan Organisasi dan Tata Laksana bagi Aparatur Sipil Negara  kepada Kepala Kemenag (KaKankemenag) Pati beserta jajaran pejabatnya di ruang kerja KaKanKemenag setempat pada Jumat, (12/05/2023). Mendampingi Kabiro, Ketua Tim Ortala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Nur Kholis beserta ajudan.

Kabiro Ortala menyampaikan capaian reformasi birokrasi di Kemenag. Akhmad Lutfi menyebutkan PMPZI berdasarkan penilaiannya belum dilaksanakan secara maksimal. Untuk hal itu, Lutfi menyebut kurangnya komitmen bersama.

Lutfi dalam sambutannya mengatakan, tujuan kunjungan dalam rangka membangun komitmen bersama dalam peningkatan delapan area perubahan reformasi birokrasi serta peningkatan kinerja dan etika kerja.

“Sesuai arahan kepala negara ada lima visi diantaranya pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur, simplifikasi regulasi, penyederhanaan birokrasi dan transformasi ekonomi.  Menyikapi hal tersebut Kementerian Agama mulai dengan rencana aksi penyederhanaan birokrasi dan perampingan eselon tentunya dengan kajian mendalam.  Langkah kongkret dimulai dari penataan organisasi, penataan jabatan fungsional dan transformasi jabatan,” ujar Kabiro.

Lebih lanjut, Kabiro Ortala mengingatkan bahwa peran ASN sebagai pelayan publik harus menjadi perhatian bersama. “ASN dituntut memahami langkah-langkah strategis yang dapat dilakukan dalam pelayanan publik,” ungkapnya.

Di akhir arahannya, Kabiro Akhmad Lutfi meminta ASN khususnya para pejabat Kemenag Pati untuk menjaga amanah dari pimpinan dan melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya. “Bp/ibu diniatkan bekerja karena ibadah, Insyaallah menjadi amal shaleh dan menjadi bekal dan teman kita di akhirat nanti,” pesan Kabiro Lutfi.

Pada kesempatan yang sama, KaKankemenag Pati Ali Arifin menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada H. Akhmad Lutfi Kabiro Ortala Kemenag RI atas pembinaanya. “Banyak ilmu yang didapat untuk diimplementasikan,” ujar Ali Arifin.

Para eselon IV yang terdiri dari KaSubbag Tata usaha, Kepala Seksi dan Penyelenggara Kemenag Pati yang hadir pun diberi kesempatan untuk bertanya dan sharing bersama Kabiro. Tuntaskan PMPRB dan ZI menjadi PR penting jajaran Kementerian Agama Kabupaten Pati.

Pembinaan dilanjutkan dengan diskusi. Seluruh pertanyaan dan masukan dijawab dengan sangat memuaskan sesuai regulasi dan aturan oleh Kabiro dan Ketua Tim Ortala Kanwil Kemenag Jateng. Pertemuan singkat tetapi meninggalkan sejuta kesan dan ilmu ini diakhiri dengan foto bersama. Kian sukses Kementerian Agama kedepannya.(at/Sua)