Kankemenag Kota Magelang Kaji Terap Pembiayaan PPG PAI oleh Pemda Ke Kankemenag Sukoharjo

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Keberhasilan Kantor Kemenag Kabupaten Sukoharjo dalam menjalin kerjasama dengan pemeriantah daerah sehingga berhasil memberikan kesejahteraan berupa pembayaran tunjangan profesi guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi daya tarik tersendiri.

Ditahun 2019, sejumlah 126 guru PAI  dari semua jenjang baik SD, SMP, SLTA dan SMK mengikuti pre test, dan hasilnya 106 guru PAI dinyatakan lulus. Selanjutnya ditahun 2021 46 guru PAI tunjangannya dibayarkan melalui APBN dan APBD Kabupaten Sukoharjo. Dan ditahun 2022 ini sebanyak 30 guru PAI dibayarkan tunjangannya melalui APBD.

Kepiawaian inilah yang mendorong Seksi Pakis Kankemenag Kota Magelang beserta jajarannya untuk belajar lebih detil ke Kankemenag Kabupaten Sukoharjo dalam rangka Kaji Terap Koordinasi Kontribusi Pemererintah Daerah Terhadap Pembiayaan PPG PAI, (Rabu, 20/7).

Kepala Kankemenag Kota Magelang dalam sambutannya selain mengungkapkan rasa terima kasihnya  atas kunjungan kerja tersebut juga mengatakan “Kami ingin belajar dan mengkaji banyak hal terkait sinergitas yang telah terbangun dengan sangat baik oleh Kankemenag Kabupaten Sukoharjo. Kedepan semoga kami bisa mengikuti jejak keberhasilannya. Saat ini pemerintah Kota Magelang telah berikan BOS bagi siswa madrasah, kita akan upayakan lagi agar pembiayaan PPG PAI dapat tersubsidi juga,” ungkapnya. Sofia Nur.

Didampingi Kasubbag TU, Kasi PAIS Kankemenag Kabupaten Sukoharjo memberikan pencerahan melalui paparannya secara gamblang. Istanto menjelaskan pentingnya koordinasi secara intens dan efektif sehingga terjalin sinergitas, baik dengan kepala daerah maupun dewan di wilayah kerjanya. Kerjasama yang terbangun dengan baik dengan pemerintah daerah akan mempermudah kementerian agama dalam mencapai tugas dan fungsinya secara optimal.    

Tim Kaji Terap Kankemenag Kota Magelang yang terdiri dari Kepala Kantor, para Kasi, Pengawas PAI, Staf Seksi Pakis dan Humas itu banyak menimba ilmu dengan berdialog lebih lanjut pasca pemaparan materi. Diskusi dan tanyajawab memperdalam teknis mengenai pembiayaan PPG PAI oleh pemda Kabupaten Sukoharjo beralngsung dengan santai namun berbobot.

Tak lupa sebelum acara diakhiri dilakukan saling tukar cinderamata dari kedua intansi dibawah kementerian agama tersebut sebagai kenang-kenangan atas eratnya hubungan silaturahmi dan Kerjasama. (Hari/rf).