Kenalkan Lingkungan Madrasah MANU 01 Limpung Gelar MATSAMA

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
* Kepala MANU 01 Limpung Maulana Ali Hamsah sedang membuka kegiatan MATSAMA dengan mengalungkan tanda peserta secara simbolis pada peserta didik baru

Batang – Untuk mengenalkan lingkungan madrasah bagi peserta didik baru, MANU 01 Limpung menggelar kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) yang diikuti oleh 176 siswa. Kegiatan itu dilaksanakan selama tiga hari yang dimulai pada Senin – Rabu (18 – 20/07) yang lalu.

Kepala MANU Limpung Maluana Ali Hamsah dalam sambutan pembukaanya mengatakan selamat datang pada para siswa baru di Madrasahnya. Menurutnya sebelum para siswa menerima pembelajaran madrasah mengadakan kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah untuk memberikan informasi tentang situasi lingkungan serta program-program madrasah.

“MATSAMA merupakan kegiatan madrasah, untuk memperkenalkan baik sejarah, tata tertib dan hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran serta program madrasah,” kata  Maulana Ali Hamsah.

Dia juga meminta agar seluruh siswa baru untuk dapat mengikuti kegiatan itu dengan hidmat agar memperoleh gambaran secara umum kondisi madrasah.

“ Saya minta seluruh peserta didik baru dapat mengikuti acara ini dengan hikmat agar tumbuh motivasi dan semangat baru di lingkungan yang baru ini,” pintanya.

* Para siswa baru MANU 01 Limpung tampak antusias mengikuti pembukaan kegiatan MATSAMA di halaman madrasah.

Sementara itu wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, Ahmad Maskon dalam keterangannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diarahkan untuk membentuk sikap kedisiplinan dan kecintaan terhadap madrasah yang diterapkan pada peserta didik baru.

“ Tujuan dari kegiatan ini selain mengenalkan lingkungan dan program-program madrasah juga siswa baru diarahkan agar terbentuk sikap disiplin cinta madrasah serta memahami berbagai hal tentang madrasah,” kata Ahmad Maskon.

Dia juga menegaskan bahwa MATSAMA bukan merupakan kegiatan plonconisasi bagi siswa baru namun lebih pada ta’aruf mengenalkan dan memahmkan lingkungan madrasah.

“ Kegiatan ini bukan plonconisasi namun lebih tepatnya memperkenalkan situasi dan kondisi madrasah pada siswa baru agar selama belajar disini paham lingkungannya tahu ruang guru dimana, ruang Kepala Madrasah dimana, perpustakaan dimana dan lainnya sehingga selama mereka belajar disini para siswa tidak kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pembelajarannya,” tegasnya.

Adapun muatan kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari yaitu pembukaan secara resmi dibuka oleh Kepala Madrasah, dilanjutkan beberapa materi seperti sejarah MANU 01 Limpung, materi tata tertib, moderasi beragama, lifeskill, prestasi dan alumni. Semua pemateri berasal  dari guru yang ditunjuk secara langsung oleh panitia. Acara ditutup dengan berbagai kegiatan diluar ruangan yaitu game fun, dan kesan pesan peserta didik selama mengikuti MATSAMA. (Adinda/Zy_humas/rf)