Korpri Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi Untuk Negeri

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Semarang (Humas)-Seluruh Jajaran Kanwil Kemenag Prov. Jateng mengikuti upacara peringatan HUT KORPRI secara virtual pada hari Selasa (29/11). Peringatan HUT KORPRI ditetapkan sejak tahun 1971. Tahun ini menjadi peringatan yang ke – 51 tahun.

Dalam rangka memperingati HUT ke – 51 KORPRI Tahun 2022, pemerintah telah merilis tema yaitu “Korpri Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi Untuk Negeri”. Tema tersebut bermakna harapan para anggota Korpri tetap bersemangat dalam bekerja dan berkontribusi dalam melayani kepentingan public dan mewujudkna fungsinya sebagai perekat persatuan bangsa sebagai prasyarat pembangunan nasional.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan bahwa aparatur sipil negara (ASN) bukanlah orang yang harus dilayani, melainkan mesti melayani seluruh lapisan masyarakat.

“Sesuai tugas dan fungsinya, Korpri beserta seluruh jajaran ASN menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Korpri harus dapat mengubah mind set bahwa ASN bukan orang yang harus dilayani, tetapi justru yang harus melayani seluruh lapisan masyarakat,” kata Jokowi dalam video ucapan HUT ke-51 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) seperti dipantau.

Jokowi menekankan, bahwa Korpri dan ASN harus mampu melahirkan beragam inovasi baru sebagai solusi atas permasalahan yang terjadi di masyarakat. Sehingga, lanjutnya, masyarakat merasa terlayani, terlindungi, terayomi, serta keberadaan Korpri dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Korpri adalah organisasi ASN yang merupakan abdi masyarakat. Sehingga event-event dalam rangka peringatan HUT Korpri ini, mengingatkan bagaimana kita terus berupaya meningkatkan kinerja melayani masyarakat,” ujar Sekda Jawa Tengah Sumarno saat memberi sambutan Upacara HUT ke-51 Korpri

Sekda menjelaskan, berbagai kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT Korpri bertujuan untuk mempererat persatuan antar-ASN, menjalin hubungan yang baik antara ASN dengan masyarakat, sehingga semakin mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu, peringatan HUT Korpri merupakan bentuk keterlibatan para ASN dalam berkontribusi untuk kepentingan masyarakat.

Tidak kalah penting adalah terkait netralitas ASN saat pemilihan umum 2023. Sekda mengingatkan bahwa netralitas ASN harus dijaga atau tidak boleh terlibat dalam hiruk pikuk politik. Terlebih tugas utama ASN adalah melayani masyarakat dengan baik, sehingga harus netral atau tidak boleh memihak pada kelompok atau partai politik apapun. “Dan kondisi-kondisi di luar hiruk pikuk politik jangan sampai mengganggu tugas kita untuk melayani masyarakat,” pintanya. 

Ketua Korpri Unit Sekretariat Daerah Jawa Tengah, Bramantiyo menjelaskan, HUT ke-51 Korpri memgambil tema “Melayani, Berkontribusi, dan Berinovasi untuk Negeri”.

Peringatan HUT Korpri bertujuan untuk mengajak seluruh anggota Kopri di Indonesia supaya meningkatkan kinerja, terutama di bidang pelayanan publik.Selain itu, meningkatkan integritas dan profesionalisme pada semua ASN, serta menguatkan fungsi organisasi Korpri sebagai perekat pemersatu bangsa dalam mendukung pembangunan nasional, meningkatkan kepedulian sosial,” katanya.

brf