KSM Bentuk Budaya Kompetitif dalam Menigkatkan Kreativitas, Motivasi dan Intelektual Siswa Madrasah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Grobogan – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Grobogan membuka Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2023 Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang bertempat di Aula Kab. Grobogan, Sabtu, (5/08/2023).

Sudarto Staf Penmad sebagai Penanggung jawab kegiatan melaporkan bahwa, Kompetisi Sains Madrasah tingkah Provinsi Jawa Tengah ini di laksanakan untuk menumbuh kembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan peserta didik, meningkatkan wawasan pengetahuan, kemampuan, kreativitas dan kerja keras untuk menguasai ilmu-ilmu sains, sosial dan bahasa serta meningkatkan motivasi belajar dan intelektual siswa Madrasah.

“Kompetisi ini di ikuti oleh tiga tingkat yakni, MI dengan jumlah peserta 10 orang, MTs 15 orang dan tingkat MA 20 orang,” katanya.

Kemudian Kakankemenag, Fahrur Rozi dalam mengawali sambutannya menyampaikan  apresiasi dan penghargaan yang tulus kepada kita semua, baik itu tenaga pendidik, pembina maupun para Kepala Madrasah se Kabupaten Grobogan. Semoga semua ini menjadi hikmah kita, menjadi ibadah kita kepada Allah SWT sebagai mana kita pahami bahwa hidup ini adalah ibadah.

“Kompetisi Sains Madrasah ini adalah merupakan ajang yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI, bagi untuk siswa siswi Madrasah di seluruh tingkatan namun beberapa tahun terakhir ini tetap juga di buka ruang bagi sekolah umum untuk mengikuti kompetisi ini,” ucapnya.

Kepala Kemenag berharap kepada seluruh stakeholder bidang pendidikan Madrasah, baik itu Seksi pendidikan Madrasah, pengawas Madrasah maupun PAI, ayo tunjukkan bahwa Madrasah juga bisa, bagaimana cara kita tunjukkan itu semua terutama bagi siswa siwi semua bahwa bersungguh-sungguhlah belajar, utamanya dalam memberikan kemampuan terbaik dalam berkompetisi.

“Bagi tenaga pendidik mari kita berusaha bagi diri kita yang lebih baik sehingga layak menjadi pemberi contoh terbaik bagi anak didik kita, dan bagi kepala Madrasah, mari kita menjadi kepala yang baik, sebagai mana yang kita tunjukkan sekarang kepada anak-anak kita yang sudah diberi ruang untuk mengikuti kegiatan yang positif dalam rangka peningkatan kemampuan anak didik kita,” ungkapnya.

Lanjut Fahrur juga mengingatkan para peserta untuk mengerahkan seluruh kemampuan diri dalam KSM tingkat Provinsi ini, karena merupakan utusan-utusan terbaik dari madrasah masing-masing.

“Kalian adalah utusan terbaik dari madrasah masing-masing, maka untuk mengharumkan nama madrasah, kerahkan seluruh kemampuan diri kalian pada ajang KSM tingkat Provinsi ini. Yang lolos dari Provinsi akan mewakili Provinsi pada ajang KSM tingkat Nasional nanti,” pesannya.

Diakhir sambutannya, Kepala Kemenag mengingatkan kepada seluruh peserta agar memohon doa restu dari orang, juga kepada para guru dan pembina dalam mengikuti kompetisi ini, semoga kita beri yang terbaik. Kemudian jangan sampai muncul rasa kesombongan dalam diri karena sesungguhnya itu akan merusak dalam diri kita sendiri.(bd/Sua)