Kurikulum Merdeka Diimplementasikan, MAN 2 Banjarnegara Datangkan Tim Quipper

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Untuk menunjang Implementasi Kurikulum Merdeka pada tahun pelajaran 2023-2024, Mandabara (MAN 2 Banjarnegara) mendatangkan Tim Quipper, Kamis, (20/7). Kegiatan bimbingan teknis dari Tim Quipper tersebut dilaksanakan di laboratorium komputer dan diikuti oleh 42 orang perwakilan masing-masing mata pelajaran yang ada di Mandabara. Tim Quipper yakni Andri Septian dan Pravesta Clara Sinta dari Yogyakarta memaparkan beberapa hal yang berkaitan dengan P5RA Kurikulum Merdeka serta program persiapan UTBK SNPMB.

“Bapak Ibu, Pembelajaran Holistik dengan QSP (Quipper School Premium) demi mendukung P5RA (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatallil ‘Alamin) mampu menyusun profil pelajar siswa yang akurat dengan begitu bisa mempersiapkan rencana belajar paling efektif, merancang pembelajaran mengacu pada penalaran, literasi, dan numerasi, menggunakan materi pembelajaran siap pakai sesuai standar Kurikulum Merdeka dan UTBK SNPMB, melaksanakan pembelajaran sesuai mode yang diinginkan, membangun dan memperkuat pondasi penalaran, literasi, dan numerasi. Selain itu, melakukan persiapan, implementasi, dan evaluasi ujian sekolah dengan strategis, memperkaya portofolio siswa dengan penilaian berbasis proyek sebagai wadah pengembangan penalaran, literasi dan numerasi, serta mengecek dan mengevaluasi perkembangan penalaran, literasi, dan numerasi,” terang Clara.

Masih menurut Clara, QSP memiliki beberapa program unggulan seperti Asesmen dan Persiapan UTBK. “Asesmen kognitif ini berfokus pada keterampilan berpikir siswa secara keilmuan. Kelompok asesmen ini terbagi menjadi 3 jenis asesmen untuk mendiagnosa capaian siswa berupa pengetahuan dan kecakapan di bidang tertentu. Ada asesmen awal pembelajaran intrakurikuler, asesmen awal pembelajaran UTBK, dan tes kemampuan Berbahasa Inggris. Untuk persiapan UTBK SNPMB kita punya serangkaian persiapan seperti tes diagnostik, tes minat bakat, materi belajar mandiri, tryout UTBK, cek peluang, dan pelaporan hasil try out, ”imbuhnya.

Sementara Andri menjelaskan cara login akun QSP. “Bapak Ibu, cara masuk akun QSP ini sangat mudah nggih. Klik link.quipper.com dari browser masing-masing lalu masukan email dan password Bapak Ibu yang ada di file spreadsheet yang sudah kami share,” jelasnya.

Tahun ini merupakan tahun pertama Mandabara bekerja sama dengan Quipper. Ridlo Pramono selaku Kepala Mandabara mendukung penuh kegiatan ini. “Bismillah kita dukung penuh kegiatan ini demi kemajuan madrasah. Harapannya Bapak Ibu bisa mengikuti dengan semangat dan menularkannya kepada guru lain,” pungkasnya. (ta/rf)