LDK Sarana Pembinaan Karakter Pelajar Pancasila

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

BANYUMAS : 127 peserta didik kelas IV terlihat antusias mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang diadakan oleh  MIN 1 Banyumas,   kegiatan yang diadakan  di halaman madrasah ini diikuti oleh 255 peserta dari kelas IV dan kelas V, Jumat (24/06)

LDK merupakan sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan Kegiatan LDK digelar dengan tujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan baik secara fisik maupun mental,  .  

MIN 1 Banyumas mengadakan kegiatan LDK  dalam dua sesion ,  sesion pertama tanggal 15 – 18 Juni diikuti oleh  kelas V yang berjumlah 128 peserta dan sesion kedua  tanggal 22 Juni diikuti oleh seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 127 siswa. Dengan pemateri dari internal guru serta dari Koramil Purwokerto Utara.

Saridin, selaku Kepala MIN 1 Banyumas menyampaikan bahwa selama mengikuti LDK peserta mendapatkan pelatihan  PBB, yaitu suatu wujud latihan fisik yang diperlukan guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya suatu perwatakan tertentu. Materi PBB diberikan dengan tujuan untuk menumbuhkan sikap tegap, tangkas, disiplin, dan tanggung jawab.

“ Kami sengaja menghadirkan langsung instruktur untuk kegiatan LDK kali ini dari Koramil Purwokerto Utara dengan harapan siswa-siswi MIN 1 Banyumas mendapat pelatihan yang terbaik. Semoga dengan adanya LDK ini dapat menjadi bekal dalam menumbuhkan sifat dan karakter baik  mereka.” jelas Saridin.

Lebih lanjut Saridin menjelaskan bahwa pembinaan karakter sejalan dengan pembentukan dimensi Pelajar Pancasila yang rahmatan li’alamin yang sedang dicanangkan pemerintah dalam implementasi Kurikulum Merdeka di Banyumas khususnya di MIN 1 Banyumas,” pungkas Saridin.

Ditempat yang sama Serka Saryono ,  Babinsa Purwokerto Wetan  selaku instruktur dari Koramil Purwokerto Utara  menyatakan kalau ini merupakan kali pertama melatih PBB di tingkat Sekolah Dasar karena biasanya melatih di tingkat SMP dan SMA .

“ Ini baru pertama kalinya kami melatih PPB bagi siswa siswi SD ,  dan ini menjadikan tantangan  kami karena tingkat pemahaman antara anak SD dengan anak SMP/SMA sangat berbeda . Terima kasih kepada kepala madrasah dan seluruh guru MIN 1 Banyumas, karena sudah memberikan kepercayaan  dan kehormatan kepada kami untuk ikut serta melatih anak-anak,” tuturnya.

Sementara itu  Mar Atun Sholilah menyampaikan bahwa pelaksanaan LDK ini sangat bagus karena menjadikan siswa-siswi lebih disiplin dalam segala hal dan lebih tahu cara baris berbaris dengan benar karena ditangani langsung oleh ahlinya.

“ Kalau dilihat dari hasil yang diperoleh setelah siswa mengikuti kegiatan LDK ini terlihat ada perbedaan , mudah-mudahan program ini bisa berlanjut,” ujar wali kelas IV ini. (td/yud/rf)