Madrasah, Pendidikan Komplit Pembentuk Karakter Mulia

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Kepala Kantor Kemenag Kab. Magelang, Muhammad Miftah menyampaikan para orang tua sangat beruntung memasukkan anaknya untuk sekolah di madrasah. Sebab, hanya di madrasah anak-anak akan mendapatkan pendidikan yang komplit, tidak hanya science, tetapi juga pendidikan agama yang membentuk anak-anak berakhlakul karimah (berbudi pekerti luhur) sebagaimana harapan para orang tua.

Hal tersebut disampaikan Miftah pada Pelepasan Siswa Kelas IX MTsN 2 Magelang, Kamis, 8/06/2023, di halaman madrasah. Hadir dalam kegiatan tersebut Forkompincam Kaliangkrik, Komite Madrasah dan para orang tua siswa kelas IX.

“Kenapa anak-anak di masukkan di Madrasah Tsanawiyah? Karena di madrasah anak-anak mendapatkan pendidikan yang komplit,” kata Miftah.

“Di madrasah kita berikan pendidikan agama, yang mana pendidikan agama ini akan membentuk karakter anak-anak kita menjadi anak yang berakhlakul karimah, anak yang bisa berbakti kepada orang tua, bermanfaat bagi nusa bangsa dan negara,” lanjut Miftah.

Miftah menyampaikan anak-anak sebagai penerus, pengisi pembangunan selain mempunyai karakter agama dalam bentuk akidah yang kuat, juga memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Miftah prihatin, banyak anak masa kini kurang memahami sejarah bangsa Indonesia, sehingga para pendidik harus terus menggelorakan nara nasionalisme kepada anak-anak.

“Segenap pendidik di MTsN 2 Magelang saya berharap karakter nasionalismenya kita bangun dengan baik. Karakter agamanya, akidahnya, kita tanamkan dengan benar. Insha Allah anak kita menjadi penerus, pejuang, mengisi pembangunan yang kita cintai ini,” kata Miftah.

Kepada para orang tua, Miftah menyampaikan bahwa anak-anak yang kuat lebih disukai oleh Allah Swt daripada anak-anak yang lemah. Menyekolahkan anak-anak di madrasah adalah sebuah pilihan tepat, karena di madrasah inilah, anak-anak didik semua aspek kehidupan yang menjadikan karakter anak menjadi anak solih dan solihah.

Kepada para siswa, Miftah mengucapkan selamat atas keberhasilannya menempuh pendidikan dan berharap dapat melanjutkan pada jenjang berikutnya pada madrasah atau jenjang sekolah lain yang betul-betul bisa menanamkan karakter berakhlakul karimah.(m45k/Sua)