Manasik Haji Salah Satu Kunci Kemabruran Haji

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Dalam rangka menambah dan memperdalam ilmu pengetahuann serta demi memperlancar dalam pelaksanaan ibadah haji, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Brebes Brebes melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) mengandeng KUA Kec. Bulakamba  mengelar Bimbingan Manasik bagi Jamaah Calon Haji (JCH) tingkat kecamatan yang merupakan Zona 2 Bulakamba  yang dikuti oleh 81 orang JCH  yang berasal dari kecamatan Bulakamba dan Wanasari Tahun 1443 H / 2022 M, Jumat-Senin (27-30/5/2022)

Kegiatan manasik yang digelar di Aula kecamatan Bulakamba tersebut di buka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes, H. Fajarin yang turut dihadiri Kepala KUA Kecamatan Bulakamba dan Camat dan Muspika Kec. Bulakamba seluruh Jemaah haji Zona 2 yang meliputi Kecamatan Bulakamba dan  Tanjung.

Kepala Kantor Kemenag Brebes dalam sambutannya pertama-tama mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi atas terselenggaranya kegiatan ini yang tujuannya memberikan wawasan, pengetahuan serta sikap perilaku dalam menunaikan ibadah haji yang baik dan benar.

Beliau berharap kepada JCH yang akan berangkat untuk mengikuti kegiatan manasik haji dengan sungguh-sungguh sehingga dapat memahami dan mampu menyerap  ilmu yang disampaikan dengan baik, dan ketika melaksanakan ibadah di tanah suci dapat berjalan lancar.

Kepada seluruh Jemaah calon haji, beliau berpesan untuk menjaga kondisi kesehatan dengan baik serta mempersiapkan fisik sebagai bekal melakukan perjalanan ibadah haji ketanah suci Mekkah dan serta memperbanyak ungkapan syukur kepada Allah SWT atas nikmat mendapatkan kesempatan besar sebagai calon tamu Allah SWT.

“Bapak dan ibu JCH pada kesempatan hari ini dan tiga hari mendatang akan mendapatkan materi teori dam paraktek baik manasik Haji maupun umrah,  hak dan kewajiban JCH baik di embarkasi selama perjalanana dan di tanah suci, hal-hal apa saja yang harus dijaga sehingga tetap fit dan bugar selamamenjalanakn Ibada Haji, tolong dikuti dengan sebaik mungkin dan hingga tuntas mengingat bapak dan ibu ini adalah adalah calon tamu-tamu  Allah SWT,” ungkap Fajarin.

“Saya berpesan agar seluruh jemaah calon haji bisa menyiapkan diri sebaik mungkin, beriniat ibadah semata-mata karna Allah SWT, meningkatkan kesabaran dan   menjaga kesehatan guna meraih ridha-Nya dan mendapat predikat haji mabrur,” imbuhnya.

Adapun Kepala KUA kec. Bulakamba selaku ketua panitia  HM. Soleh dalam sambutanya menyampaikan bahwa manasik haji yang dilaksanakan ini dalam rangka untuk memantapkan bekal serta mempersiapkan diri sebaik mungkin, guna perjalanan panjang dan cukup lama dalam melaksankan Ibadah haji di Tanah suci, dengan harapan akan memperoleh hasil yang terbaik dan memuaskan.

“Seperti apa yang menjadi harapan Bapak Kepala kantor kemenag Brebes agar Bapak-dan Ibu dapat mengikuti manasik ini dengan sebaik-baiknya, karena melalui bimbingan manasik ini merupakan salah satu kunci kemabruran haji bapak dan ibu jamaah calon haji, dimana pada kegiatan kali ini  akan diajarkan, dan diberikan pemahaman, bimbingan serta petunjuk-petunjuk tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji selama berada di tanah suci” ujar pria paruh baya yang sehat.(hid/Sua).