Manasik Tingkat Kecamatan Wujudkan Kemandirian Jemaah Haji

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Manasik haji tingkat Kecamatan di Kabupaten Kendal mulai diselenggarakan, sesuai jadwal manasik tingkat Kecamatan dilaksanakan empat hari yakni mulai Selasa-Jumat (24-27 Mei 2022). Pelaksanaan manasik yang dipersingkat, dengan rincian 4 kali di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan dan 2 kali di Kantor Kemenag Kabupaten ini mengingat waktu keberangkatan kloter pertama yang semakin dekat.

Berkesempatan memberikan bimbingan manasik kepada calon jemaah haji Kecamatan Patebon, Kecamatan Pegandon, Kecamatan Ngampel dan Kecamatan Cepiring, Rabu (25/5), Kepala Kator Kementerian Agama Kabupaten Kendal, Mahrus mengatakan kegiatan manasik ini bertujuan agar jamaah haji menjadi jamaah yang mandiri dantidak bergantung pada jamaah lainnya.

“Jemaah berhak mendapatkan manasik selama di tanah air, perjalanan dan selama di Arab Saudi. Metode bimbingan manasik di tanah air bisa melalui ceramah, tanya jawab, diskusi, peragaan, penayangan video, praktek manasik dan simulasi. Tujuan bimbingan manasik haji adalah mewujudkan kemandirian jemaah yang bersahabat, pengertian pada sesama jamaah, tidak mementingkan diri sendiri dan mengabaikan lainnya,” terangnya.

Mahrus juga berpesan pada calon jamaah haji, dengan waktu yang mendesak agar dapat menjaga kesehatan sehingga dapat berangkat tepat waktu dan melaksanakan ibadah haji dengan baik. Mengingat sebelum keberangkatan akan dilakukan tes PCR terlebih dahulu sebelum melakukan penerbangan ke tanah suci.

“Saya harap kita bisa melaksanakan haji dengan mudah, dimudahkan dilancarkan diberi kekuatan, kesehatan lahir dan batin kemudian pulang ke tanah air dengan haji yang mabrur,” tutur Mahrus.

Diketahui Rencana Perjalanan Haji (RPH) 1443H/2022M bahwa jemaah akan masuk asrama haji pada tanggal 3 Juni 2022. Untuk perjalanan dari Indonesia dibagi menjadi 2 kloter yakni keberangkatan kloter pertama tanggal 4-18 Juni menuju ke Madinah dan kloter kedua pada 19 Juni hingga 3 Juli melalui Jeddah, Arab Saudi. (bel/rf)