Matsama MTsN 8 Sragen Bangun Generasi Cerdas Menuju Martabat Hebat Bermartabat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Sragen – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 8 Sragen melaksanakan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) untuk Tahun Pelajaran 2023/2024 pada 17-20 Juli 2023. Kegiatan Matsama dimulai dengan apel pembukaan tahun pelajaran baru yang diadakan di halaman madrasah dan diikuti oleh seluruh siswa madrasah, termasuk siswa baru. Acara pembukaan Matsama dihadiri oleh Plh. Kepala Madrasah, guru, dan tenaga kependidikan MTsN 8 Sragen.

Dalam sambutannya, Plh. Kepala Madrasah, Setyo Haryanto, menyambut para siswa baru dengan ucapan selamat datang dan selamat bergabung di MTsN 8 Sragen. Setyo menjelaskan bahwa Matsama bertujuan untuk mengenalkan lingkungan madrasah kepada siswa dan membentuk karakter anak-anak melalui materi yang disampaikan oleh para guru. “Kegiatan Matsama bertujuan untuk menumbuhkan perasaan cinta dan kebanggaan dalam belajar di madrasah, serta mengembangkan kreativitas dan disiplin siswa yang cerdas dan berakhlakul karimah,” tutur Setyo.

Setelah sambutan dari Plh. Kepala Madrasah, rangkaian apel dilanjutkan dengan penyematan tanda pengenal kepada perwakilan peserta Matsama. Kemudian, seluruh peserta Matsama secara bersama-sama melekatkan tanda pengenal mereka masing-masing.

Setelah apel pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi sesuai jadwal yang telah disusun oleh panitia. Matsama juga melibatkan pembiasaan karakter melalui shalat dhuha dan shalat dhuhur berjamaah.

Para siswa sangat antusias mengikuti hari pertama Matsama. Kegiatan semakin meriah dengan adanya ice breaking yang disediakan oleh panitia. Salah satu peserta Matsama, Alvaro, menyampaikan kegembiraannya dapat mengikuti kegiatan ini. “Kegiatan Matsama MTsN 8 Sragen sangat menyenangkan. Kami dapat mengenal madrasah yang luar biasa, dan kegiatan ini diisi dengan berbagai game sehingga acara tidak membosankan. Saya tidak sabar untuk mengikuti hari-hari Matsama berikutnya,” ujar Alvaro.

Matsama MTsN 8 Sragen merupakan langkah awal yang diambil oleh madrasah untuk membangun generasi cerdas dan berkualitas. Dengan melibatkan siswa dalam kegiatan yang bermanfaat dan berkesinambungan, madrasah berharap dapat melahirkan generasi yang memiliki martabat hebat dan bermartabat.(wvz/Sua)