Melalui Capacity Building, Bentuk Team Work Yang Handal.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Baturaden – Empat puluh orang ASN Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas yang terdiri dari penyuluh , Kepala KUA , JFT Keuangan , JFT Perencanaan ,dan JFT Umum mengikuti kegiatan Capacity Building di kawasan obyek wisata Hutan Pinus Limpakuwus Baturraden. Kegiatan yang digelar oleh seksi Bimas Islam ini dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas H. Aziz Muslim Hadir dalam pembukaan Capacity Building Kasubag TU , Kasi Bimas Islam , Kasi PHU , Selasa (19/07).

“ Dari kegiatan hari ini mari kita ikuti dari awal hingga akhir, karena melalui permainan permainan atau out bond itu ada filosofinya bagaimana kita memimpin , bagaimana kita membangun kekompakan , bagaimana kita menggerakan,serta bagaimana kita bersinergi dan berkplaborasi dengan semua komponen , semua mengambil peran masing – masing. Dari Capacity Building kita mempelajari bagaimana profesionalitas dan proporsionalitas dalam bekerja ,” jelas Aziz dalam pembukaannya.

Lebih lanjut Aziz menyampaikan  7 program Kementerian Agama RI yaitu Penguatan Moderasi Beragama, Transformasi Digital , Revitalisasi KUA, Cyber Islamyc University , kemandirian Pesantren , Religiosity Index sebagai alat ukur keberagaman , dan terwujudnya tahun 2022 sebagai tahun toleransi .

“ Banyak orang salah paham bahwa moderasi beragama itu menyasar pada agamanya , bukan . Yang di moderasi itu cara kita dalam beragama. Setiap ajaran agama apapun pastilah bermuatan moderat. Namun banyak penganut agama yang memahami dan menyikapi dan mengamalkan ajaran agamanya cenderung ekstrem kanan atau ekstrem kiri,” terangnya.

“ Moderasi beragama adalah cara pandang kita dalam beragama secara moderat , moderasi beragama merupakan jalan tengah dalam pemahaman dan pengamalan agama. Jangan salah sebut dengan moderasi agama , karena agama sudah moderat,”tuturnya.

“ Sasaran moderasi beragama  bukan hanya untuk umat Islam saja , tapi menyasar semua umat beragama agar menjadi perekat , saling menghargai , memulyakan dan saling menyayangi,” pungkas Aziz.

Lukman hakim Kepala KUA Purwokerto Utara menyambut baik  dengan adanya kegiatan ini, “ Semoga ini  dapat  mengakrabkan antar penghulu dengan ASN lainnya , dan dapat berimpact positip pada peningkatan kinerja dan pelayanan di KUA nantinya,” jelas Lukman.

Senada dengan apa yang sudah disampaikan oleh KaKan Kemenag, Kasi PHU Hendro menyampaikan bahwasannya Capacity Building ini dapat meningkatakan kompetensi penghulu dalam pelayanan menuju revitalisasi KUA . Kegiatan yang digelar sehari ini sangat menarik karena diisi dengan pembinaan oleh Kepala Kantor, dilanjutkan dengan out bond dan offroad diwana wisata limpakuwus.Harapannnya pasca kegiatan ini semangat para ASN dilingkungan Kankemenag Banyumas semakin membara, solid dan handal,menuju pelayanan yang prima atau excellent service.(yud/rf)