Menjelang Idul Adha, “Juleha” Berikan Edukasi di MAN 1 Brebes

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Rabu, (07/06/2023) 22 hari menjelang hari Raya Idul Adha 1444H, perwakilan siswa MAN 1 Brebes memperoleh edukasi penyembelihan halal dari  Dewan Pimpinan Daerah Juru Sembelih Halal (DPD Juleha) Kabupaten Brebes yang berkolaborasi dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan serta Kemenag Kabupaten Brebes bertempat di Aula Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Brebes.

Selaku Ketua DPD Juleha Brebes, Chasan Mudhofar menjelaskan “Kami berkeliling ke sekolah, masjid dan Mushola serta yayasan dan juga Pondok Pesantren diwilayah kabupaten Brebes guna memberikan edukasi tentang Penyembelihan Halal sesuai Kepnakertrans Nomor 147 Tahun 2022 yang tertuang di 10 Unit Kompetensi,” ungkap Chasan.

“Alhamdulillah dari peserta yang hadir bisa melakukan praktek penyembelihan menggunakan unggas, dan mereka berhasil, artinya dari apa yang siswa lakukan penyembelihan dikatakan sempurna karena 3 saluran leher unggas terputus, diantaranya saluran pernafasan, saluran makanan dan saluran darah,” imbuhnya.

Sementara Hj. Nurhayati Kepala MAN 1 Brebes mengatakan terima kasih kepada DPKH, Kemenag dan DPD Juleha Brebes yang telah hadir memberikan edukasi Juleha kepada anak didiknya.

“Saya secara pribadi sangat beruntung karena DPD Juleha berkesempatan memberikan edukasi tentang  Sembelihan Halal di madrasah kami, karena sejalan dengan Visi Misi Madrasah diantaranya membentuk karakter siswa yang Islami dan pengetahuan ini bermanfaat  ketika mereka terjun kemasyarakat baik nnatinya menjadi anggita masyarakat maupoun para pemimpin masyarakat,” ujar Hj. Nurhayati.

“Alhamdulillah yang menjadi Peserta Edukasi merupakan perwakilan dari  seluruh unsur yang ada di MAN 1 Brebes, baik Pengurus OSIS, Pramuka, PMR dan Rohis serta Guru dan staf,” tambahnya.

“Harapan kami, kehadiran Juleha bisa menambah ilmu pengetahuan tentang Kehalalan, apalagi sebentar lagi Idul Adha, nah ini sangat penting untuk para siswa terutama panitia qurban yang berada di MAN 1 Brebes ini untuk diterapkan sesuai syariat Islam,” tutupnya.

Diakhir edukasi, 4 ekor ayam dipraktekkan penyembelihan oleh siswa.(hid/Sua)