MTs Negeri 1 Kota Semarang Juara Jumbara Tahun 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Jumbara ke XIII se Kota Semarang dan Temu Karya KSR tahun 2023 telah dilaksanakan di Bumi Perkemahan Harda Walika Kelurahan Jatirejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang (3-5/6). Kegiatan Jumbara seKota Semarang diikuti oleh 1100 peserta dari berbagai daerah di kota Semarang, mulai tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan dari perguruan tinggi yang ada di Kota Semarang. Tema yang diusung pada kegiatan Jumbara tahun ini adalah Relawan PMI Cerdas, Kreatif, dan Berkarakter.

Jumbara 2023 ini merupakan Jumbara pertama yang diikuti oleh PMR MTs Negeri 1 Kota Semarang. Pemberangkatan dilepas oleh H Kasturi, Kepala MTs Negeri 1 Kota Semarang, beliau berpesan, “Kalian harus bisa menjaga sikap dan nama baik madrasah. Serta melakukan setiap kegiatan dengan sungguh-sungguh untuk menjadi yang terbaik.” MTs Negeri 1 Kota Semarang mengirimkan 1 regu sejumlah 10 orang dan 1 pembimbing.

Setiap kegiatan dalam Jumbara dilombakan. Kegiatan dimulai dari karnaval, pentas seni, jurnalistik, membuat poster, pertolongan pertama, peer support, perawatan keluarga, dan juara umum. Kegiatan jumbara diawali dengan lomba membuat poster yang mengusung tema Humanity For The Children. Ada pula lomba jurnalistik, sebelum membuat berita/ liputan peserta diberikan arahan dalam menulis berita tentang hal-hal yang harus ditulis dalam berita/ liputan. Siang hari pukul 14.00 WIB seluruh peserta diajak untuk mengikuti parade karnaval dan apel.

Pembina apel Jumbara tahun ini adalah Kepala Dinas DPMPTSP Dr. Widoyono, M.Pd. menjelaskan, “Kegiatan Jumbara tahun 2023 merupakan Jumbara pertama yang dilaksanakan setelah pandemi covid 19. Kegiatan Jumbara ini bertemakan Relawan PMI Cerdas, Kreatif, dan Berkarakter. Dengan tujuan agar relawan PMI menjadi manusia yang cerdas dan memiliki karekteristik yang baik, tulus, dan ikhlas dalam menolong sesama tanpa membedakan suku bangsa, bahasa, warna kulit, dan sebagainya. Hal ini dimulai sejak usia dini, diusia mula, madya, dan wira.”

Selasa (4/7) dilaksanakan kegiatan traveling yang meliputi 3 perlombaan yaitu pertolongan pertama, peer suport, dan perawatan keluarga. Kegiatan dimulai sejak pukul 08.00 s.d 15.00 WIB. Dalam kegiatan traveling peserta diuji kemampuannya dalam melakukan pertolongan pertama, perawatan keluarga, dan penyampaian informasi kepada teman sebaya. Setelah itu, peserta juga diajak untuk membuat filterisasi air. “Senang bisa ikut Jumbara, karena berkenalan dengan teman dari sekolah lain. Tambah pengalaman dan pengetahuan baru,” kata Fiqy ketua PMR MTs Negeri 1 Kota Semarang. Selain itu, hasil liputan kegiatan lomba jurnalistik dikumpulkan pukul 15.00 WIB. Peserta mencari informasi dan mewawancarai beberapa orang peserta untuk melengkapi hasil berita/liputannya.

Kegiatan pentas seni dilaksanakan setiap malam hari dengan tujuan sebagai hiburan para peserta setelah seharian melakukan kegiatan. Malam pertama diisi oleh tingkat mula dan madya dengan pertunjukan tarian yang berkostum indah. Malam ke dua diisi oleh tingkat wira dan KSR yang menampilkan tarian, drama, dan drama musikal yang menghibur. Pentas Seni yang ditampilkan bertema kebudayaan Indonesia. “Pentas Seninya menarik dan menghibur, yang tampil semangat dan kreatif,” kata Alena, anggota PMR MTs Negeri 1 Kota Semarang. Semoga tahun depan MTs bisa ikut kegiatan Jumbara lagi. Karena menambah pengetahuan, wawasan, dan pengalaman yang berharga. Kegiatan Jumbara ditutup dengan upacara penutupan dan penyerahan piala bagi sekolah yang menang. Tahun ini MTs Negeri 1 Kota Semarang hanya bisa membawa satu piala, yaitu juara satu lomba jurnalistik. “Semoga tahun berikutnya MTs Negeri 1 Kota Semarang bisa membawa piala lebih banyak. Amin.”, kata Nur Baetillah selaku pembimbing PMR Emtessa. (Humas Emtessa/bd)