PAIF Kembangkan Dakwah Melalui Majlis Semaan Al Qur’an

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang  – Hari sudah beranjak siang, namun ibu-ibu yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Hufadzah Qur’an (FSHQ) Kota Magelang masih memadati teras masjid Baiturrosyidin di Perum Depkes Blok D Kramat utara Kecamatan Magelang Utara untuk ikuti semaan Al Qur’an . (Selasa, 5/7).

Al-Qur’an merupakan mukjizat terbesar dari Allah SWT yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW. Mukjizat ini menjadi tuntunan hidup umat Islam dalam menjalankan kehidupan di dunia. Segala permasalahan dan solusi hidup manusia tercantum dalam Al-Qur’an.

Semaan Al Qur’an rutin yang dilangsungkan setiap Selasa minggu pertama itu digagas oleh muslimat NU Kota Magelang, digelar selain dengan tujuan agar  jama’ah mampu mengaji al-Qur’an dengan tartil dan fasih, juga sebagai media dakwah kepada masyarakat.

Ayat-ayat suci Al Qur’an dalam seaman kali ini dilantunkan secara bergantian oleh para hafizdah yakni Nyai Inayah, Irchamiyati, Khikmah dan Umi Hafizdah. Dan setelahnya diisi dengan kajian singkat oleh da’iah yang telah terjadwal.

Shanti Maharanti Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) Kota Magelang yang juga merupakan pengurus FSHQ dalam kajian singkatnya menyampaikan pentingnya membumikan semaan Qur’an di masyarakat.

“Tujuan dari kegiatan semaan Al-Qur’an ini tidak hanya untuk meningkatkan kualitas tartil dan fasih kita dalam membaca Al Qur’an. Akan tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaatnya membaca Al-Qur’an, meningkatkan kualitas religiusitas masyarakat, menjalin silaturahim, mempererat ukhuwah Islamiyah dan sebagai wahana dakwah Islam,” terang Shanti Maharanti.

“Insya Alloh orang yang selalu akrab dengan ayat-ayat Al-Qur’an akan mendapatkan kesejukan, kedamaian dan ketentraman hati, serta beruntung dalam kehidupan dunia dan akhirat termasuk jama’ah yang menyimaknya,” tambahnya. (Hari/rf).