Pantau Langsung PAT MTs Negeri 1 Banjarnegara, Laela Lakukan Touring Antarruangan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Sukses melaksanakan monitoring dan evaluasi administrasi PAT MTs Negeri 1 Banjarnegara Laela, Pengawas Madrasah melanjutkan monitoring dan evaluasi dengan keliling ruangan PAT. PAT merupakan penilaian akhir tahun yang bertujuan untuk mengukur pengetahuan siswa selama satu semester. PATA ini juga tahap akhir dalam semester ini sebagai syarat kenaikan kelas.

Pada kesempatan ini Laela ditemani oleh Yuniyati, wakil kepala urusan kurikulum MTs Negeri 1 Banjarnegara. Laela memantau pelaksanaan PAT ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengerjaan siswa dalam PAT tahun ini. Siswa mengerjakan PAT menggunakan gawai masing-masing yang terisi kuota internet. Di ruang 9 ditemukan dua siswa yang tidak berada di ruangan. Dua siswa tersebut ternyata mengerjakan PAT di laboraturium komputer karena terkendala gawai tidak berfungsi dengan baik.

Laela mewawancarai beberapa siswa berkait pelaksanaan PAT. Laela bertanya tentang jumalh soal, bentuk soal, dan tingkat kesulitan soal. Siswapun menjawab bahwa soal berjumlah 30 dengan bentuk soal pilihan ganda semua. Tentu saja soalnya ada yang mudah dan ada yang sulit. Laela kemudian memberi nasihat kepada siswa supaya tidak tergesa-gesa dalam mengerjakan.

“Kalian diberi waktu 90 menit untuk mengerjakan 30 soal. Itu adalah waktu yang sangat cukup. Jadi kalau kalian sudah selesai mengerjakan silakan cek kembali. Barangkali jawaban kalian ada yang tidak sesuai dengan pengetahuan kalian. Tidak usah tergesa-gesa supaya kalian maksimal dalam mengerjakan PAT. Apalagi ini pelajaran bahasa Inggris, kalian harus jeli mengerjakannya. Diingat-ingat kosa kata dan artinya,” tutur Laelan Selasa, (31/5).

Perjalanan dilanjutkan ke laboraturium komputer. Beberapa siswa mengerjakan di tempat ino karena terkendala gawai yang tidak mendukung untuk mengerjakan PAT. Siswa mengerjakan menggunakan komputer yang disediakan panitia. Laela kemudian bertanya jawab dengan siswa di laboraturium ini.

“Pelaksanaan PAT sudah bagus. Madrasah sudah memfasilitasi siswa yang tidak bisa mengerjakan PAT di ruangan. Mereka malah kelihatannya nyaman mengerjakan di sini karena ruangannya juga sejuk dan media pengerjaannya lebih mudah digunakan,” lanjutnya.

Selesai touring ruangan PAT, Laela bersama Yuniyati kemudian menuju ruang tamu kepala madrasah untuk beramah tamah. Berdasarkan penjelasan dari Laela, pelaksanaan PAT di MTs Negeri 1 Banjarnegara sudah baik. Harapannya pelaksanaan ujian yang akan datang akan semakin baik lagi. (Rin/ak/rf)