Pelunasan Bipih Diperpanjang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Pekalongan – Kementerian Agama memperpanjang pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 1444 H hingga 12 Mei 2023, yang sebelumnya dijadwalkan akan ditutup per hari 5 Mei 2023, kebijakan tersebut juga diberlakukan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pekalongan. Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala Kemenag, H. Kasiman Mahmud Desky saat ditemui di ruang kerjanya kemarin sore.

Kasiman menyebutkan calon haji (Calhaj) kota Pekalongan reguler murni jumlah 319 orang, dimana yang sudah melunasi Bipih sebanyak 304 orang terdiri dari jamaah reguler ada 283 orang, jamaah mutasi masuk 10 orang, dan jamaah cadangan 11 orang.

Disampaikan Kasiman bahwa Calhaj yang belum melakukan pelunasan disebabkan beberapa alasan, sebagian diantaranya karena mengundurkan diri, “Namun kami selalu proaktif, dengan menerjunkan tim kami untuk melakukan pengecekan Calhaj yang belum melaksanakan pelunasan,” katanya (9/5/2023).

Lebih lanjut, Kasiman menuturkan agar kesempatan besar ini yakni kuota haji sudah kembali normal diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Selain itu, pemberangkatan haji tahun ini dinilai ramah terhadap lansia, dimana jumlah lansia ada 5-10% dari semua kloter karena mengakomodir jemaah tahun lalu yang tertunda, sehingga diharapkan kesempatan tidak dilewatkan sia-sia, “Ini kesempatan mereka untuk berhaji, KBIH juga mengusahakan jemaah yang sakit ini bisa dibantu jemaah yang lain, mudah-mudah pelaksanaan haji tahun ini berjalan lancer.” tukasnya. (Tim KP Pemkot/Ant).