Pemberangkatan Kloter Jemaah Terbanyak Kabupaten Wonosobo

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo – Kloter 21 menjadi kloter dengan jumlah terbanyak dibanding dengan kloter 20 dan kloter 22. Pasalnya dalam kloter ini terdapat 352 jemaah haji, dua kali lipat dari jumlah jemaah kloter 20 (145 orang) dan kloter 22 (145 orang).

Kloter 21 diberangkatkan menuju Asrama Haji Donohudan Solo pada hari Selasa, (30/5) dari pendopo Bupati Wonosobo pada pukul 02.00 dini hari tadi. Dengan armada kendaraan sejumlah 8 bus dengan rincian bus 1 rombongan 1 sejumlah 40 orang, bus 2 sampai dengan bus 9 berisi rombongan 2 sampai 8 dengan jumlah penumpang 45 orang.

Dalam laporan Kakan Kemenag Kab. Wonosobo, yang dibacakan oleh Kasubag TU, Imron Awaludin, menyampaikan 352 jemaah tersebut berasal dari 15 kecamatan di Kabupaten Wonosobo, berdasarkan Kelompok Bimbingan KBIHU Al Mansur 100 orang, KBIHU Gema Arofah 124 orang, KBIHU Ummul Quro’ 88 orang, dan Majlis Ta’lim Abu Dardiri 40 orang,

“352 jemaah akan didampingi oleh 3 orang Petugas Haji Daerah (PHD) yaitu Muhammad Said Sastro, Mohamad Riyatno, dan Achmad FAQIH Mustofa,” terang Imron.

Selain PHD yang akan mendampingi jamaah, juga ada petugas kloter 5 orang terdiri dari ketua Kloter, Pembimbing Ibadah, 1 Dokter dan 2 tenaga Medis. Selama perjalanan pemberangkatan Kloter 21 dari Wonosobo menuju Solo juga didampingi tim perlindungan Jemaah,

“Ada tim perlindungan jemaah yaitu Pengamanan 1 unit mobil voorider, Pelayanan Kesehatan 2 unit ambulan, Supervisor 1 unit kendaraan, 3 orang petugas pendamping Jemaah dimasing – masing bus (1 orang ASN Kemenag/Bag. Kesra, 1 orang Medis, 1 orang KBIHU),” tandasnya.

Diakhir laporannya, Imron, menyampaikan agar Bupati Wonosobo secara resmi melepas keberangkatan jemaah haji kloter 21.

“Dan pada akhirnya kepada bapak Bupati dimohon dengan hormat untuk melepas keberangkatan Jemaah Calon Haji Kab. Wonosobo.Tahun 1444 H / 2023 M Kloter 21 SOC,” pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Bupati, Afif Nurhidayat, yang dalam sambutannya ia mengucapkan selamat kepada Jamaah yang akan berangkat sekaligus menitip pesan agar mendoakan Kabupaten Wonosobo agar lebih baik.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Wonosobo, mengucapkan selamat atas akan diberangkatkannya Jamaah Haji tahun 1444 H/2023 M ke tanah suci. Satu hal yang perlu saya titipkan kepada seluruh Calon Jamaah Haji, yakni untuk menyelipkan doa untuk Kabupaten Wonosobo.

Doakan agar kabupaten kita tercinta senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT,” tandasnya.

Usai seluruh rangkaian upacara pelepasan jamaah haji selesai, jamaah secara resmi pada pukul 02.00 wib diberangkatkan dengan iring-iringan bus. Diperkirakan akan tiba di Solo pada pukul 06.00 wib.(Ps-ws/Sua)