Pembukaan Matsama di MI Nurul Islam

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Senin (18/7/2022) Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Islam (Nuris) menggelar Pembukaan Masa Ta’aruf Siswa Baru Madrasah (Matsama) di halaman madrasah, yang diikuti oleh seluruh guru, karyawan dan siswa kelas 1. Kegiatan dibuka oleh KH. Munthohir Kasib selaku Kepala Bagian (Kabag) Pendidikan, yang didampingi Wakil Kepala (Waka) Kurikulum Kholis Wirayanri dan Waka Kesiswaan Ahmad Durun Nafis.

Sebagai penanda dimulainya kegiatan Matsama, para siswa kelas 1 melepaskan balon yang dipegangnya masing-masing dengan mengucap basmalah dan takbir secara serentak. “Bismillah Allahu Akbar….!,” teriak anak-anak secara bersamaan, yang disambut sorak sorai dan tepuk tangan seluruh peserta Matsama sebagai bentuk ungkapan kegembiraan.

Pada kesempatan tersebut, Jumaidi selaku Kepala MI Nuris dalam pembinaannya menyampaikan kepada peserta didik baru bahwa mereka adalah siswa terpilih. “Kalian adalah siswa-siswi pilihan, calon generasi penerus Islam, maka harus siap menjadi anak yang sholih-sholihah dengan mengikuti pembiasaan yang ada di MI Nurul Islam. Rajin shalat, baca Alquran, berbakti kepada orang tua, dan hormat kepada Bapak/Ibu guru,” tegasnya.

Kegiatan ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh H. Agus Haryadi selaku guru MI Nuris,  dengan satu poin permohonan agar Pengurus Yayasan Baiturrohim Ringinwok, tenaga pendidik dan siswa selalu diberikan kesabaran dan kemudahan dalam melakukan komunikasi, koordinasi dan kerja sama dalam kegiatan belajar mengajar.

Pada bagian lain, ia menuturkan suasana Matsama MI Nuris tahun ini berbeda dengan tahun lalu, lebih meriah, karena saat ini Kota Semarang sudah berada di level 1 masa pandemi Covid-19, sehingga Matsama dilaksanakan dengan tatap muka langsung. “Nampak wali murid baru atau siswa kelas 1 banyak yang mengantarkan putra-putrinya ke madrasah, sehingga suasana Matsama begitu meriah,” ujarnya.(Agus Haryadi/NBA/rf)