Pemilihan Ketua OSIS MTsN 1 Rembang Diwarnai Debat Calon Ketua

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang — Dalam rangka memberikan pendidikan demokrasi melalui pengalaman praktis, MTsN 1 Rembang mengadakan pemilihan Ketua  dan Wakil OSIS (Pilkaos) MTsN 1 Rembang periode 2022/2023.  Pilkaos ini dilakukan dengan sistem pemungutan suara oleh seluruh warga madrasah.

Pemilihan dilaksanan pada Senin, 1 Agustus 2022. Setelah berakhirnya masa tugas pengurus OSIS periode 2021/2022. Pada kesempatan ini pemilihan ketua OSIS MTsN 1 Rembang dirancang berbeda seperti yang dilaksanakan pada saat pemilihan beberapa waktu lalu.

Tahapan-tahapan pemilihan Ketua OSIS dimulai dari debat terbuka Calon Ketua terdiri dari 3 kandidat.

Pemilihan calon ketua OSIS yang dipilih dari peserta didik kelas VII, VIII dan IX, yang mempunyai kecakapan dan jiwa kepemimpinan. Para calon ketua OSIS menyampaikan visi dan misi untuk menjelaskan program kerja.

Plt Kepala MTsN 1 Rembang, Warsan mengatajan, kegiatan pemilihan Ketua OSIS diharapkan bisa membekali siswa berupa karakter dan kecakapan untuk menjadi warga negara yang baik. “Siswa menjadi tahu bagaimana prosedur pemilihan umum yang benar. Pemilihan ketua OSIS dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sportif dan bertanggung jawab serta tidak menimbulkan konflik setelah pelaksanaan pemilihan ketua OSIS,” kata Warsan di sela pemilihan.

Warsan menambahkan, OSIS sebagai wadah bagi peserta didik di sekolah adalah organisasi untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan siswa yang sesuai dengan visi-misi sekolah. “Pengurus OSIS adalah peserta didik yang dipilih berdasarkan prestasi, dan keaktifan peserta didik di lingkungan sekolah. Menjadi pengurus OSIS harus mempunyai wawasan yang luas, pandai berinteraksi,” ujarnya. 

Mneurutnya pula, kepemimpinan merupakan sebuah modal strategis yang harus dimilii siswa. “Setiap manusia esensinya adalah seorang pemimpin,” pungkasnya.  – bd/iq/rf