Pemilihan PAI Teladan, Upaya Tingkatkan Profesionalitas Penyuluh

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Klaten – Pemilihan Penyuluh Agama Islam (PAI) teladan tingkat Kabupaten Klaten bukan semata-mata sebagai seremonial belaka, tetapi lebih dari itu kegiatan ini diproyeksikan untuk meningkatkan profesionalitas, kompetensi penyuluh dalam bidang pengetahuan, keterampilan dan keterampilan kepenyuluhan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten, Anif Solikhin saat membuka seleksi pemilihan PAI teladan yang dilaksanakan di Aula Masjid Raya Klaten, Kamis, (27/5).

“Ajang pemilihan ini para penyuluh bisa menjadi lebih profesional dalam melaksanakan tugasnya. PAI disamping sebagai pendakwah juga sebagai penyambung lidah pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama,” tandas Anif.

Sebagai media, penyuluh bisa menjadi lebih mumpuni dalam melaksanakan tugasnya di tengah-tengah masyarakat, disamping sebagai penyejuk juga sebagai kepanjangan tangan Kementerian Agama.

“Setiap penyuluh agama secara terus menerus harus meningkatkan pengetahuan wawasan dan pengembangan diri, dan juga perlu memahami visi penyuluh agama serta menguasai secara optimal terhadap materi penyuluhan agama itu sendiri maupun teknik menyampaikannya,” ungkap Anif.

Kemenag Klaten memberikan apresiasi kepada para penyuluh yang juga merupakan garda terdepan dalam memberikan penerangan mengenai agama Islam kepada masyarakat. Kepada peserta untuk mengikuti semua tahapan yang sudah ditentukan oleh panitia, untuk itu semua peserta harus siap dengan semua persyaratan yang dibutuhkan, baik secara administrasi maupun dokumen pendukung lainya.

Penyuluh agama memiliki peran penting di dalam kehidupan bermasyarakat. Kehadirannya di tengah masyarakat tidak bisa di remehkan begitu saja. “Tugas sangat mulia mereka sebagai salah satu indikator dalam perekat NKRI. Berbagai permasalahan  kehidupan beragama bisa segera mereka selesaikan dengan tugas pokok dan fungsi yang telah mereka miliki,” katanya.

“Dimasa pandemi ini, PAI harus menjadi corong pemerintah dalam hal ini Kemenag untuk menjadi teladan di tengah-tengah masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, sehingga pandemi segera berakhir,” imbuhnya.(sm_aj/Sua)