Pengukuhan dan Pelantihan Kepemimpinan Pengurus Rohis Jawa Tengah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga (Humas) – Pengurus Kerohanian Islam (Rohis) Provinsi Jawa Tengah masa khidmah 2023/2024, Kamis, 06 Juli 2023 resmi dilantik oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Musta’in Ahmad. Bertempat di Hotel Grand Wahid Salatiga, pelantikan diikuti oleh seluruh pengurus Rohis Jateng secara langsung. Turut hadir Kabid PAIS Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Nurzaini Wahyu Widodo, Ketua Tim Pendidikan Agama Islam, Afifatun serta ketua panitia, Dian Wahyu Utomo serta para pembimbing Rohis.

Dalam laporannya, ketua panitia menyampaikan bahwa tujuan dari program ini adalah untuk memberi pembekalan pengelolaan organisasi bagi pengurus Rohis.

“Selain itu juga untuk meningkatkan kemampuandan membangun personality yang menanamkan nilai moderasi beragama. Juga meningkatkan kemampuan dan mengembangkan potensi leadership dengan menerapkan nilai islam,” jelas Dian Wahyu.

Salah satu pesan yang disampaikan Kabid Pais kepada para peserta training leadership kali ini adalah diharapkan pengurus Rohis menjadi motor penggerak memujudkan Islam yang moderat yang rahmatan lil alamin.

“Pengurus Rohis diharapkan menjadi motor penggerak terdepan dalam mewujutkan generasi yang cinta tanah airnya, bersikap toleran, menghindari tindakan kekerasan radikal dan mencintai budaya sendiri,” pesan Nurzaini.

Keberadaan Rohis harus bisa menjadi wadah latihan berorganisasi yang baik. Dalam membuat program dan pelaksanaannya yang realistis, selalu berpedoman dan memperhatikan aturan yang ada.

Nurzaini mencontohkan pelanggaran etika sosial dan susila serta kekerasan dalam berbagai bentuknya masih sering terjadi dalam dunia Pendidikan, seperti perkelahian antar pelajar, pelanggaran tata tertib sekolah, kurang beretika terhadap Guru/Orang Tua/Lingkungan.

“Rohis merupakan suatu bentuk kegiatan ekstrakurikuler sekolah yang dilakukan di luar jam pelajaran sekolah dalam rangka pembentukan mental dan spiritual anak-anak didik yang merupakan generasi muda agar memiliki akhlak dan kepribadian yang sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam sehingga kelak diharapkan mampu menjadi pemimpin yang baik bagi dirinya, keluarganya, dan orang lain,” disampaikannya.

Implementasi dari kegiatan ini diharapkan pengurus Rohis menjadi pionir kebaikan sehingga ada perubahan di sekolah yang di gugu dan ditiru oleh anggota maupun siswa pada umumnya.

“Disamping harus memiliki integritas pribadi dalam bentuk akhlak yang baik, seyogyannya juga memiliki prestasi akademik yang baik pula, sehingga profil manusia muslim yang kaffah dapat tercemin dari pribadi-pribadi pengurus/anggota rohis,” ucapnya.

Kakanwil mengapresiasi pengurus Rohis Provinsi Jawa Tengah masa Khitmah 2023/2024. Ketua Rohis Jateng, Muhammad Syauqi Fittuqo berjanji akan melaksanakan amanah dengan sebaik baiknya seperti yang dipesankan oleh Kakanwil, dengan program kegiatan yang selama ini sudah berjalan akan terus dilaksanakan dan ditingkatkan.(Sua/Rf)