081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Penyerapan Anggaran Merupakan Ukuran Kinerja

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung Subbag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penyerapan Anggaran, Selasa (4/12) bertempat di Rumah Makan Pesona Ikan Mas Pikatan  Temanggung dengan peserta PPK, perencana, bendahara dan pengelola kegiatan pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung.

Kasubbag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Yusuf Purwanto, saat memimpin rapat menyampaikan realisasi pelaksanaan atau penyerapan anggaran suatu satker merupakan ukuran kinerja sebuah instansi pemerintah. Untuk itu setiap selesainya kegiatan yang bersumber dari dana DIPA harus dilakukan evaluasi dan koordinasi sehingga semua kegiatan dapat menjamin bahwa pelaksanaannya sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, serta untuk mengenali dan mengatasi permasalahan dan kendala yang timbul dalam pelaksanaan kegiatan baik secara administrasi, keuangan maupun fisik.

Evaluasi menurut Kasubbag TU, sebagai bahan perbaikan pelaksanaan pada tahun berikutnya dengan sasaran untuk meningkatkan kinerja para pengguna anggaran agar pelaksanaan program kegiatan yang dilaksanakan mencapai hasil yang optimal, tepat mutu, tepat waktu, tepat manfaat dan tertib administrasi.

“Ditekankan kepada  semua Seksi dan Satuan Kerja di Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, satker yang realisasinya kurang dari 90%  atau masih ada  kegiatan yang tertunda hendaknya dilakukan koordinasi yang efesien, perkuat sinergisitas demi terwujudnya pelaksanaan DIPA yang berdaya guna, bermanfaat, tepat sasaran, tepat mutu, tepat waktu dan bisa di pertanggungjawabkan,” tegas Yusuf Purwanto.

Realisasi pelaksanaan atau penyerapan anggaran suatu satker merupakan ukuran kinerja sebuah instansi pemerintah. Untuk mencapai target yang sudah ditetapkan tersebut beliau mendorong setiap PPK untuk segera membuat perencanaan program kegiatan yang akan dilaksanakan agar segera mungkin dapat dilaksanakan sesuai dengan waktu efektif saat ini.

Untuk itu setiap selesainya kegiatan yang bersumber dari dana DIPA harus di lakukan evaluasi dan koordinasi sehingga semua kegiatan dapat menjamin bahwa pelaksanaannya sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, serta untuk mengenali dan mengatasi permasalahan dan kendala yang timbul dalam pelaksanaan kegiatan baik secara administrasi, keuangan maupun fisik.

Di akhir pengarahannya, Yusuf Purwanto mengingatkan beberapa hal penting utamanya menyikapi akhir tahun anggaran, di harapkan semua satker untuk bekerja keras menyelesaikan kegiatan sebelum akhir tahun tetapi tetap harus sesuai aturan yang berlaku. (sr/sua)