Peringatan Harlah Pancasila, Momen Hargai Perjuangan Pendiri Bangsa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MTsN 1 Rembang — Dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila Tahun 2023, MTsN 1 Rembang menyelenggarakan upacara bendera pada Kamis (01/06/2023). Bertempat di halaman madrasah, upacara diikuti oleh seluruh guru, karyawan, dan peserta didik kelas 7 dan 8.

Bertindak sebagai pembina upacara adalah Kepala MTsN 1 Rembang, Akhmad Suhadak Solikin, dan petugas upacara adalah peserta didik dari kelas 7 dan 8. Dalam amanatnya, Kepala Madrasah memberikan apresiasi kepada petugas upacara yang telah menjalankan tugasnya dengan sangat baik dan kepada peserta upacara yang telah mengikuti upacara dengan penuh khidmat dan tertib.

Suhadak juga mengatakan, siswa jangan membiasakan budaya terlambat. “Kita harus malu jika terlambat dan hargailah waktu dengan sebaik-baiknya itu juga merupakan cara kita untuk memaknai hari lahirnya Pancasila yang bertema ‘Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global,” tuturnya.

Setiap tanggal 1 Juni masyarakat Indonesia memperingati hari lahir Pancasila, didasari pada momen Ir. Soekarno mengemukakan gagasannya tentang dasar negara Indonesia. Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa, lahirnya lima sila Pancasila dapat menyatukan masyarakat dengan segala perbedaan yang ada.

“Peringatan hari lahirnya Pancasila merupakan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan Pancasila. Kita sebagai generasi penerus bangsa dapat turut berpartisipasi di dalam peringatan Hari Lahir Pancasila ini dengan mengamalkan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya. — budi/iq/rf