Peroleh 246 Suara, Febi Putri Aryanti Berhasil Jadi Ketua OSIM MTs N 3 Banjarnegara

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – MTs Negeri 3 Banjarnegara menggelar pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) masa bakti 2022-2023. Kegiatan ini dilaksanakan secara langsung layaknya pemilihan kepala daerah (Pilkada) ataupun presiden di Indonesia yaitu dengan pencoblosan secara langsung dengan prinsip LUBER (Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia). Pemilihan ketua OSIM dilaksanakan di Aula madrasah, Sabtu (10/12).

Kegiatan ini mengadopsi sistem pemilihan yang dilaksanakan oleh KPU, sebelumnya telah diawali dengan verifikasi atau uji kelayakan calon (tes tertulis dan wawancara), penetapan calon, pengambilan nomor urut calon, kampanye dan penyampaian Visi dan Misi calon ketua OSIM di tiap-tiap kelas. Setelah melewati berbagai tahap memunculkan 4 calon yang akan bersaing dalam pemilihan ketua OSIM masa bakti 2022-2023.

Natir, selaku Kepala MTs N 3 Banjarnegara, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran demokrasi bagi siswa-siswi MTs Negeri 3 Banjarnegara. “Pemilihan dengan sistem pemilu ini kita lakukan untuk memberikan pendidikan demokrasi dengan bijak, dan mengenalkan sejak dini tentang tahapan pemilu kepada peserta didik,” ucapnya

“Dilihat dari segi usia mungkin anak-anak kita belum ada yang memiliki pengalaman mencoblos langsung, namun berawal dari sini setidaknya mereka sudah memiliki pengalaman bagaimana cara memilih pemimpin dengan system demokrasi seperti yang Negara kita terapkan,” terangnya.

Akhun Sobari, selaku Waka Kurikulum menyampaikan pemilihan ketua OSIM ini merupakan PILKADA mini. “Pemilihan ketua OSIM merupakan sarana siswa belajar memilih pemimpin dan sebagai para calon ketua OSIM ini merupakan PILKADA mini karena bisa juga nanti di masa depan akan menjadi calon-calon kepala daerah, jadi manfaatkan kegiatan ini sebagai sarana para siswa belajar memilih pemimpin dan jadi pemimpin,” tegasnya.

Waka Kesiswaan MTs N 3 Banjarnegara Imadudin Abas, mengumumkan hasil dari penghitungan suara. “Hasil dari penghitungan suara dengan Jumlah pemilih 714 dan yang menggunakan hak pilih 600, menghasilkan Febi Putri Aryanti nomor urut 1 mendapatkan 246 suara, Cheril Awdora Ady nomor urut 2 mendapat 76 suara, Fika Nurhana nomor 3 mendapat 140 suara, Roy Pahlevi Adinda nomor 4 mendapat 118 suara, dan 20 suara batal. Dengan demikian Ketua OSIM terpilih Masa Bakti 2022-2023 adalah Febi Putri Aryanti,” pungkasnya (ar/rf).