Persiapan Jelang Matsama Siswa MTs Negeri 1 Baru 2022/2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang-Masa Ta’aruf Siswa Madrasah atau yang biasa disingkat dengan MATSAMA merupakan hal yang biasa dilakukan di setiap awal tahun pelajaran. Namun sebelum Matsama dilaksanakan diperlukan persiapan menjelang kegiatannya. Rabu (13/7) MTs Negeri 1 Kota Semarang telah mengundang para siswa baru untuk datang ke madrasah dalam rangka persiapan Matsama. Persiapan tersebut dilakukan dengan tujuan agar para siswa dapat mengikuti Matsama dengan baik dan tertib. Kegiatan Matsama MTs Negeri 1 Kota Semarang akan dilaksanakan selama empat hari yaitu mulai (18/7) sampai (21/7).

Guru sedang memberi pengarahan peserta MATSAMA

Dalam rapat koordinasi sebelumnya pada Jumat (1/7),  H. Kasturi menghimbau bahwa  ‘’Kegiatan Matsama menjadikan para siswa baru memiliki kecerdasan, keterampilan, dan berakhlakul karimah. Selain untuk pengenalan lingkungan madrasah termasuk mengenal para guru, teman, dan lain sebagainya. Kegiatan matsama diharapkan dapat membuat siswa menjadi senang, bahagia, dan bangga karena telah terpilih menjadi siswa MTs Negeri 1 Kota Semarang,” tutur Kepala Madrasah ini. Tak hanya itu, segenap panitia berharap kegiatan matsama nantinya dapat memiliki kenangan yang indah, baik untuk walimurid maupun para siswa baru. Untuk mencapai tujuan tersebut, panitia sepakat mengusung tema Menggali Potensi Wujudkan Generasi Unggul, Cerdas, Berprestasi, serta Berakhlakul Karimah.

Persiapan Matsama diperlukan untuk para siswa baru dalam mempersiapkan diri, dimulai dengan membuat nametag yang akan dipakai selama Matsama. Selain itu, pada persiapan matsama para siswa juga diminta untuk membawa berbagai perlengkapan yang akan dipakai pada kegiatan selama Matsama. Kegiatan Matsama bertujuan untuk memperkenalkan kebiasaan yang dilakukan di MTs Negeri 1 Kota Semarang, untuk itu para siswa baru pada saat matsama nanti diwajibkan membawa seperangkat alat salat (seperti rukuh, sejadah, ataupun kain sarung), alat tulis, al-Quran, bekal makan dan minum, serta menghimbau agar tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Persiapan matsama disambut baik oleh para siswa baru maupun walimurid. Ini terlihat dengan adanya antusias para siswa dan walimurid yang datang mengantarkan putra-putrinya pada waktu yang tepat, yaitu pada pukul 07.00 WIB kemarin. Para siswa dengan tertib mencari kelas dan bangku yang sudah disediakan panitia. Pada saat persiapan matsama guru pendamping memberikan gambaran atau arahan tetang kegiatan yang akan dilaksanakan selama matsama. Selain itu, para pendamping juga menjelaskan tentang sikap yang harus dimiliki saat kegiatan matsama berlangsung, seperti harus memiliki sikap yang berani tapi sopan dan santun, mandiri, berani berbuat berani bertanggung jawab, dan memiliki jiwa soleh dan solehah. Para siswa baru juga diajak untuk saling berkenalan satu dengan yang lainnya, agar pada saat matsama berlangsung para siswa baru sudah mengenal dan mengetahui nama teman-temannya.

Banyak komentar dan dukungan yang diberikan baik dari walimurid maupun para siswa baru. “Syukur alhamdulillah, kami orangtua merasa senang dengan adanya persiapan sebelum kegiatan Matsama terlaksana. Karena kami dapat membantu anak-anak kami untuk melengkapi keperluan yang akan dibawa nanti,” katasalah seorang walimurid kelas 7 dari ananda Muhammad Zainul Alim yang bernama Dony Dharma Saputra.  “Senang rasanya bisa melihat langsung bagaimana lingkungan MTs Negeri 1 Kota Semarang yang akan dipakai anak-anak kami selama belajar tiga tahun nanti, semoga saja anak-anak tumbuh menjadi anak yang soleh solehah, cerdas, dan kreatif sehingga bisa berprestasi,” harapan walimurid lainnya yang tidak bersedia disebut Namanya. “Saya senang bisa bersekolah di MTs Negeri 1 Kota Semarang, soalnya ada teman saya, dan tadi bapak/ibu gurunya juga ramah dan baik,” kata Zahra, seorang siswa baru MTs Negeri 1 Kota Semarang. “Saya juga sangat senang diterima di MTs Negeri 1 Kota Semarang semoga saya bisa berprestasi seperti kakak-kakak kelas yang telah berprestasi sampai tingkat internasional,” harap Ardenis, siswa baru juga.

Menjelang kegiatan Matsama tidak hanya dibutuhkan tentang perlengkapan yang akan dibawa saja. Namun, seorang anak juga perlu dipersiapkan mental dan jiwanya. Hal itu dilakukan agar para siswa baru nantinya, memiliki motivasi dan semangat mengikuti kegiatan matsama, dan dapat menjaga kesehatan dirinya. Kegiatan Matsama perlu dilakukan oleh setiap madrasah agar para siswa baru dapat mengikuti kebiasaan yang dilakukan pada saat sebelum dan ketika pembelajaran di madrasah dimulai. Persiapan Matsama sebaiknya juga melibatkan walimurid agar nantinya mereka mengetahui kegiatan apa saja yang dilakukan anaknya selama di madrasah. Selain itu, para walimurid dapat mengetahui kapan waktu untuk mengantar dan menjemput anaknya selama bersekolah di MTs Negeri 1 Kota Semarang. Semoga saja dengan adanya persiapan matsama ini dapat membuat para siswa baru menjadi lebih siap, sigap, dan sehat pada saat kegiatan matsama berlangsung. Amin. (Humas emtessa/rf)