Pesparawi Nasional ke – XIII di Buka, Wamen, Zainut Tauhid Sa’adi : Tumbuhkan Kerukunan dalam Kehidupan Umat Beragama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa’adi resmi membuka Pesparawi Nasional dan Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw didampingi Sekda Nataniel D. Madacan yang merupakan Ketua Umum LPPD Papua Barat dengan menyerahkan Piala Kepresidenan sebagai Pemenang Pesparawi Tahun 2018.

Yogyakarta (Humas) –  Pesparawi Nasional ke – XIII resmi dibuka oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas yang di wakili Wakil Menteri (Wamen) Agama RI, Zainut Tauhid Sa’adi di Candi Prambanan Yogyakarta, Senin (20/06).

Pesparawi yang di ikuti oleh gereja berbagai aliran denominasi di 34 Provinsi memiliki tujuan yang mulia yaitu untuk pengembangan, pemahaman dan penghayatan melalui sebuah perlombaan dengan menyanyikan pujian kepada Tuhan yang Maha Kuasa.

Opening Ceremony ini dihadiri oleh Gubernur dari 34 Provinsi dan Pejabat dari Kementerian Agama yaitu Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo¸Staf Ahli Menteri Agama bidang Manajemen Informasi dan Komunikasi, Albertus Magnus Adiyarto Sumardjono dan Kakanwil Kemenag dari 34 Provinsi.

Wamen mengatakan bahwa Pesparawi merefleksikan suasana kesemarakan kehidupan beragama serta ajang pemersatu bangsa.

“Gelaran Pespawari yang diikuti gereja-gereja dari berbagai aliran dan denominasi menjadi sarana membangun kerukunan -kerukunan intern umat Kristiani serta menjadi ajang menyatunya para peserta dari berbagai daerah dengan latar belakang, adat istiadat, suku, bahasa dan budaya yang berbeda dan diharapkan dapat memperkaya wawasan kebangsaan dan persatuan,” ujarnya

Acara pembukaan, diawali dengan ibadah,  Laporan Ketua umum Wagub KGPAA paku Alam X, selanjutnya Sambutan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X serta Prosesi  Seremonial Peletakan Piala  Bergilir Presiden , Juara umum  tahun 2018 dari Papua Barat, dilanjutkan dengan pawai parade.

Pesparawi Nasional ke XIII mengusung tema “Harmoni in Diversity”  mempertandingkan 12 kategori cabang lomba dimulai dari tanggal 19 – 26 Juni 2022.

Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad didampingi Ketua DWP Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Linda Musta’in dan Pembimas Kristen Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Siswo Martono  hadir memberikan dukungan dan support untuk Kontingen Jawa Tengah.

“Semangat untuk Kontingen Jawa Tengah maju terus pantang mundur, Kontingen Jawa Tengah bisa meraih juara,” ungkap Musta’in. (d/rf)