Prestasi 2022 Sebagai Barometer Capaian Kinerja Kemenag Tahun 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Kakankemenag Kota Semarang bersama Kasubbag TU, Kasi, Gara, Kepala Madrasah Negeri, Kepala KUA Kecamatan se-Kota Semarang, pranata komputer, dan humas, Sabtu (4/2/2023), mengikuti Rakernas Kemenag RI secara daring dari ruang rapat gedung PLHUT.

Rakernas Kemenag 2023 yang mengambil tema Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat, dibuka secara langsung oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Dalam sambutannya, Menag mengimbau kepada jajarannya agar prestasi tahun 2022 menjadi barometer capaian kinerja tahun 2023. “Dalam sambutannya, Gusmen berharap, pelayanan publik Kemenag harus lebih baik dibandingkan tahun lalu,” tutur Cholidah Hanum, Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kankemenag Kota Semarang yang turut hadir di ruang rapat gedung PLHUT, kepada penulis di sela-sela waktu istirahat salat dan makan.

“Prestasi tahun lalu diharapkan jadi standar minimal target pencapaian kinerja tahun ini,” imbuhnya.

Menurut Hanum, Menag mengimbau kepada satker untuk memastikan program-program prioritas yang telah direncakan agar betul-betul direalisasikan. “Gusmen menandaskan angka realisasi anggaran sebesar 70 % di bulan Juli 2023, tentunya tidak hanya sekedar kegiatan dengan orientasi penyerapan anggaran yang tinggi, tetapi harus diiringi dengan pelaksanaan kegiatan yang akurat, cermat, akuntabel, dan tetap memeperhatikan prinsip kehati-hatian. Beliau berujar, tidak ada lagi terkesan hanya mengejar serapan anggaran di akhir tahun,” kata Hanum.

Selain pesan tersebut, Hanum berujar, Menag juga mengharap adanya pembinaan peningkatan profesionalitas bagi ASN Kemenag, dukungan dari seluruh ASN dalam mewujudkan Kemenag sebagai birokrasi bersih dan melayani, percepatan target pensertifikasian halal, dukungan ASN dalam mempublikasikan kebijakan Kemenag, dan pencanangan tahun 2023 sebagai tahun Kerukunan Umat Beragama.(Hanum/Dintha/NBA/bd)