RA Kota Magelang Siapkan Diri Implementasikan Kurikulum Merdeka 

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Hari Selasa (5/7), Seksi Pendidikan Madrasah selenggarakan rapat koordinasi bahas implementasi kurikulum merdeka di tingkat RA. Acara yang dilaksanakan di aula kantor Kementerian Agama Kota Magelang ini dihadiri oleh 20 peserta terdiri para Kepala RA se-Kota Magelang dan pengawas madrasah.

Arif Yudha Himawan Kasi Penmad, dalam sambutannya menyampaikan bahwa madrasah di Kota Magelang akan melakukan pendataan bagi madrasah yang siap melaksanakan kurikulum Merdeka Belajar di tahun pelajaran 2022/2023.

“Dari tingkat RA hingga  MA akan kami lakukan pendataan, madrasah mana yang telah siap melaksanakan kurikulum merdeka belajar. Langkah selanjutnya, akan segera didaftarkan sebagai madrasah piloting,” terang Arif Yudha.

“Seluruh madrasah baik RA, MI, MTS dan MA di Kota Magelang harus persiapkan diri baik secara mandiri maupun sebagai Madrasah Piloting untuk melaksanaan kurikulum merdeka belajar,” imbuhnya.

Sebelum rakor dimulai, Isro’ah pengawas madrasah mensosialisasikan KMA. No. 347 tahun 2022 tentang Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada  Madrasah.  Ia menjelaskan bahwa kurikulum ini lebih disederhanakan dan bersifat fleksibel, sehingga selaras dengan semangat kemandirian Madrasah.

Kurikulum lebih bersifat minimum, prinsip pembelajaran dan asessmen madrasah dapat mengembangkan program dan kegiatan tambahan sesuai visi, misi dan sumberdaya yang tersedia. Madrasah lebih leluasa untuk mengorganisasikan pembelajaran sesuai kebutuhan siswa dan konteks lokal. Jelas Isro’ah. (Muf/Hari/rf)