Rakor Pemantapan Aplikasi SEMAKIN PINTAR

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Setelah resmi dilaunching pada Maret lalu, media edukasi berbasis digital “SEMAKIN PINTAR” terus dilakukan pengembangan guna memenuhi kebutuhan pengguna layanan oleh Seksi Pendidikan Madrasah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal dengan melaksanakan rapat koordinasi pemantapan penyusunan website, Rabu (8/6) bertempat di aula lantai 2 Kantor Kemenag.

Dihadiri oleh tim pengelola website dari seksi Pendidikan Madrasah, Tanoto Foundation dan pengawas Madrasah. Dalam rapat dibahas mengenai layout tampilan aplikasi dan menu apa saja yang dibutuhkan, terkait materi dari Tanoto Foundation telah menyiapkan baik dari jenjang MI, MTs maupun MA.

SEMAKIN PINTAR sebagai suatu inovasi pengembangan profesi kependidikan untuk mengakomodasi kebutuhan pengembangan diri secara terus menerus bagi guru dan kepala madrasah. Teknologi sebagai  enabler (alat bantu) yang mempunyai daya ungkit besar untuk bisa meningkatkan kualitas pendidikan.

“Aplikasi ini ditujukan untuk mendukung digitalisasi pendidikan, terutama di area pengembangan kompetensi guru. Kami percaya guru harus bisa memanfaatkan teknologi untuk belajar, agar mampu mendampingi siswanya yang digital native,” terang Kasi Pendidikan Madrasah, Muhamad Muslikhan.

Sejak pandemi berlangsung transisi telah dilakukan dan kebiasaan baru telah terbentuk, salah satunya di sektor pendidikan. Dengan ini tenaga pengajar dan peserta didik dituntut untuk beradaptasi dalam mengutamakan teknologi digital sebagai cara pembelajaran.

“Digitalisasi dalam dunia pemdidikan itu penting karena kelas masa depan akan sarat teknologi. Kita bisa mulai mempersiapkan guru-guru untuk tidak gagap teknologi dan menjadi fasilitator pembelajaran yang sepadan untuk siswanya yang sudah digital-native terlebih dahulu,” imbuhnya. (bel/rf)