081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Rakor Persiapan Haji 2022, Kakankemenag Minta Kerja Cepat dan Cermat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Klaten – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten menggelar rapat koordinasi persiapan pemberangkatan calon jemaah haji Kabupaten Klaten dan pelaksanaan manasik haji. Bersama Plt. Kasi PHU, Wahib, panitia manasik haji serta Kepala Kantor Urusan Agama se Kabupaten Klaten bertempat di Aula Al Ikhlas Kemenag Klaten, Kamis (19/5).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten, Hariyadi menyampaikan, bahwa penyelenggaraan haji merupakan agenda kerja nasional perlu didukung serta dipersiapkan secara matang agar dapat berjalan dengan baik dan sukses, dan juga memastikan kesiapan jamaah haji yang berangkat benar-benar siap, baik siap secara pribadi dan juga siap untuk seluruh dokumennya.

“Persiapan sebelum keberangkatan, pelunasan, dokumen haji, manasik haji, pelayanan keberangkatan, pelaksanaan di Arab Saudi dan juga kedatangan, ini sangat-sangat menjadi perhatian khusu, waktu sangat mepet harus kerja cepat, cermat dan sukses,” tandas Hariyadi.

Salah satu yang menjadi tanggung jawab besar pemerintah dan terkhusus di Kabupaten Klaten dalam pelaksanaa persiapan penyelenggaraan haji adalah memberikan layanan bimbingan manasik haji kepada jemaah calon haji.

“Persiapan pelaksanaan haji tahun 2022 yang segera dilaksanakan di Kabupaten Klaten yaitu dengan pembekalan ilmu manasik haji  sebanyak 6 (enam) kali, 2 (dua) kali di laksanakan Kabupaten dan 4 (empat) kali dilaksanakan di Kecamatan dengan melibatkan KUA,” tuturnya.

“Tentu ini harus dipersiapkan dengan baik, secara maraton akan dimulai manasik haji Kabupaten dan selanjutnya tingkat kecamatan,” jelas Hariyadi.

Hariyadi berharap calon jemaah haji Kabupaten Klaten dapat menguasai rukun, wajib, sunnah dan larangan dalam melaksanakan ibadah haji, sebab dengan menguasai tersebut maka Insya Allah pelaksanaan ibadah haji akan berjalan lancar dan baik.

Sementara itu Plt. Kasi PHU Kemenag Klaten menyampaikan, pelaksanaan manasik haji tingkat Kabupaten Klaten akan di laksanakan selama dua hari, Senin-Selasa tanggal dan 23-24 Mei 2022 dan dilanjutkan tingkat Kecamatan selama empat hari.

“Kepada seluruh panitia dan petugas dan seluruh komponen yang ada di Kemenag Klaten untuk melayani tamu Allah ini dengan penuh keikhlasan dan tanggung jawab dan sebagai ladang amal ibadah,” pinta Wahib.

“Mudah-mudahan dalam pelaksanaan manasik haji, juga pelaksanaan ibadah hajinya  berjalan lancar meskipun dengan persiapan yang sangat singkat ini. Calhaj Kabupaten Klaten tidak mengalami kendala dan dimudahkan saat pemberangkatan, saat di Arab Saudi serta kembalinya ke Indonesia bisa mendapatkan gelar haji yang mabrur,” pungkasnya.(aj/Sua)