Rakor Tindak Lanjut Perencanaan Pembangunan Laboratorium Dan Perpustakaan MTs Negeri 2 Banjarnegara Pasca Review DEG  

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Pada Senin (6/2) PPK Tim Teknis dari Dinas PUPR dan Tim Konsultan Perencanaan Pembangunan Gedung Laboratorium dan Perpustakaan MTs Negeri 2 Banjarnegara sumber dana dari SBSN, mengadakan rapat Koordinasi membahas perencanaan Peace Review DED ( Detail Engineering Design ) oleh Tim Review dari Kemenag Jakarta.

Rapat koordinasi di laksanakan di Aula Gedung PLHUT Kemenag Banjarnegara membahas perencanaan konstruksi Pondasi yang akan digunakan dalam pembangunan Gedung Gedung Laboratorium dan Perpustakaan. Dari rakor itu disepakati bahwa konstruksi pondasi pembangunan akan menggunakan Bore Pile dengan pertimbangan bahwa pondasi ini biasanya digunakan saat pembuatan bangunan bertingkat, baik itu gedung, rumah ataupun lainnya. Ibu Resi selaku dari tim teknis dari dinas PUPR Kabupaten Banjarnegara mengungkapkan bahwa Pondasi Bore Pile adalah tiang pondasi berbentuk tabung yang fungsinya utamanya adalah meneruskan beban struktur bangunan yang di atasnya di mulai dari atas permukaan hingga lapisan paling bawah.

“Pondasi Bore Pile adalah tiang pondasi berbentuk tabung yang fungsinya utamanya adalah meneruskan beban struktur bangunan yang di atasnya di mulai dari atas permukaan hingga lapisan paling bawah,” ujar Ibu Resi selaku tim teknis PUPR.

Sementara Taufan selaku PPK dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah mengatakan bahwa Konstruksi pondasi Bore Pile memiliki keunggulan tersendiri dari pada metode lainnya.

“Keunggulan sistem pengeboran Bore Pile diantaranya; mobilisasi lebih mudah, pengoperasian alat bor yang mudah serta tidak menghasilkan getaran pengeboran yang bisa merusak bangunan di sekitar,” ungkap Taufan selaku tim PPK dari Kanwil Kemenag Provinsi Jateng.

Senada dengan pendapat PPK dari Kanwil Kementerian Agama Propinsi Jawa Tengah, Tim Konsultan Perencana Bapak Agung juga mengatakan bahwa sistem pondasi Bore Pile memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan sistem minipile.

“Sistem konstruksi pondasi Bore Pile memiliki kelebihan karena memenuhi syarat teknik dan spesifikasi bangunan walaupun lebih mahal dari sistim mini pile,”ujarnya.

Dari rakor tersebut pihak konsultan perencana menampilkan gambar Konstruksi Pondasi Bore Pile supaya semua pihak mengetahui sistim konstruksinya dan kekuatan dari pondasi tersebut. (en/rf)