Rapat Persiapan Manasik Haji Tahun 1443 H / 2022 M Kemenag Kab. Temanggung

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Penyelenggaraan haji tahun1443H/2022M semakin dekat, sejumlah persiapan tengah dilakukan Kementerian Agama. Salah satu persiapan tersebut antara lain pemberian materi bimbingan manasik, begitu disampaikan Plh. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Agus Latif dalam sambutan pembukaan rapat pelaksanaan manasik Haji di Aula Gedung PLHUT, Rabu (25/5).

“Salah satu yang menjadi tanggung jawab kita adalah memberikan layanan bimbingan manasik haji kepada jemaah haji. Dalam waktu yang singkat ini kita akan segera laksanakan pembekalan ilmu melalui manasik haji sebanyak lima  kali, yakni dua kali di laksanakan tingkat Kabupaten dan tiga  kali dilaksanakan di Kecamatan,” katanya.

Agus Latif berharap calon jemaah haji Kabupaten Temanggung setelah mengikuti manasik dapat menguasai rukun, wajib, sunnah dan larangan dalam melaksanakan ibadah haji. Sebab, dengan menguasai rukun wajib dan sunnah serta larangan dalam ibadah haji tersebut maka pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan lancar dan baik.

“Mudah-mudahan setelah pelaksanaan manasik haji, dalam pelaksanaan ibadah hajinya jemaah Kabupaten Temanggung tidak mengalami kesulitan saat pemberangkatan, saat di Arab Saudi serta kembali lagi ke Indonesia dengan predikat haji yang mabrur,” doanya.

Beliau menyampaikan keberangkatan jemaah haji merupakan agenda kerja nasional yang memerlukan dukungan semua pihak. “Kami mengharapkan kita mempersiapkan secara matang agar dapat berjalan dengan baik dan sukses, selain itu penting untuk memastikan kesiapan jemaah haji yang baik secara fisik maupun kelengkapan seluruh dokumennya,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kasi PHU, H. Eko Widodo menyampaikan sebanyak 278 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Temanggung akan berangkat ke Mekkah Tahun 2022. Dari 278 calon Jamaah Haji Kabupaten Temanggung akan dibagi menjadi 2 kloter yaitu kloter 39 bergabung dengan calon jamaah haji asal Kabupaten Wonosobo dan kloter 40 bergabung dengan calon jamaah haji asal Kabupaten Blora.

Hingga saat ini, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah telah melakukan berbagai langkah persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2022.

“Salah satunya menyiapkan dokumen jemaah haji berupa paspor yang kemudian dikirimkan ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah,” ujarnya. Lebih lanjut dikatakan, pelaksanaan Manasik Haji Kabupaten Temanggung akan dilaksanakan pada tanggal 29-30 Juni 2022 di Graha Bhumi Phala untuk yang tingkat Kabupaten. Adapun yang di tingkat kecamatan akan dilaksanakan pada tanggal 31 Mei s.d 2 Juni 2022. Insyaallah untuk manasik tingkat Kabupaten Temanggung akan dibuka langsung Bupati Temanggung bertempat di Gedung Graha Bhumi Phala Temanggung, Ahad (29/05). Rapat diikuti Plh. Kakankemenag, Kasi PHU, Kasi Bimas, Kasi Penmad, Kasi Pais, Gara Zawa   dan Panitia pemberangkatan Haji Kankemenag Kab. Temanggung.(sr/rf).