Ratusan Siswa MTsN 2 Rembang Ikuti Matsama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MTs Negeri 2 Rembang – Dalam rangka menyambut tahun ajaran baru 2023/2024 untuk memulai kegiatan belajar mengajar, MTs Negeri 2 Rembang melaksanakan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah atau Masa Orientasi Siswa di lingkungan madrasah untuk siswa baru.

Kegiatan yang akan dilaksanakan mulai tanggal 17 – 20 Juli 2023 diawali dengan upacara pembukaan (Senin, 17/7/2023) di lapangan madrasah. Kegiatan diikuti oleh seluruh guru, staf tata usaha, seluruh siswa baru, kelas 8 dan melas 9. Masa pengenalan bagi peserta didik baru merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap awal tahun ajaran baru guna menyambut kedatangan peserta didik baru.

Disampaikan oleh Ahmad Makhim Arisanto selaku Wakil Kepala Madrasah bidang Kesiswaan, tradisi pada masa pengenalan madrasah atau sering disebut MasaTa’aruf merupakan kegiatan pengenalan budaya dan program– program madrasah yang dikhususkan kepada peserta didik baru agar mengetahui berbagai program–program madrasah diantaranya program peminatan, program ekstra kurikuler, tata-tertib dan budaya madrasah serta berbagai program lainnya.

“Tujuan masa ta’aruf ini juga untuk mengenali potensi diri peserta didik baru, membantu beradaptasi dengan lingkungan madrasah dan sekitarnya juga untuk menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif, mengembangkan interaksi postif seperti kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja dan semangat gotong royong,” tambah Makhim Arisanto.

Selamat Datang

Dalam amanat upacara pembukaan, Kepala MTs Negeri 2 Rembang, Muhammad Yunus Anis, selain menyampaikan ucapan selamat datang kepada peserta didik baru, juga mengingatkan tentang kedisiplinan siswa, mulai dari kerapian baju, rambut, disiplin waktu dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar serta sikap mandiri dan tidak manja berkaitan dengan kegiatan madrasah.

Yunus Anis membuka secara resmi Matasama ini dengan mengenakan kalung kepada peserta didik baru. Ia berharap, kegiatan dapat berjalan lancar dan dapat diikuti oleh peserta didik baru sampai selesai. (Wient/iq/rf)