Sambut Tamu Penggalang, Pramuka MTsN 6 Kebumen Gelar Kemah Bakti

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Sebanyak 256 siswa kelas 7 mengikuti kegiatan kemah bakti dengan penuh semangat. Kemah penerimaan tamu penggalang Gudep 11.05.18.087/088 MTsN 6 Kebumen digelar pada Minggu-Senin (13-14/8/23) di halaman setempat. Penerimaan tamu penggalang merupakan bentuk kegiatan calon pramuka penggalang untuk dapat secara resmi bergabung menjadi anggota pramuka.

Kak Lusi Sabarwati yang bertindak sebagai pembina upacara pembukaan kemah bakti ini berpesan agar selalu menjaga kesehatan selama kegiatan ini berlangsung. “Jaga selalu kesehatan kalian. Jangan lupa kebersihan lingkungan selalu kalian jaga. Ikuti kegiatan ini dengan gembira, kompak, disiplin, dan penuh tanggung jawab,”pesannya.

Pada kegiatan ini, siswa kelas 7 mendapatkan berbagai materi kepramukaan seperti pengetahuan umum kepramukaan (PUK), PBB, widegame, semaphore, dan berbagai lomba menarik lainnya. Acara semakin meriah saat api unggun menyala dan pentas seni (pensi) digelar di halaman madrasah. Para siswa sangat antusias menampilkan berbagai kreatifitas seni seperti tari, menyanyi, gerak lagu, pembacaan puisi, dan pencak silat. Tiap regu pramuka berlomba menampilkan pentas seni yang terbaik. Gemuruh sorak dan tawa para siswa memecah keheningan malam itu.

Acara adat penerimaan tamu penggalang yang dipimpin oleh Kak Nur Edi Setiyono menjadi puncak kegiatan kemah bakti ini. Setelah istirahat sejenak, Senin dini hari semua siswa kelas 7 dengan sigap berkumpul untuk mengikuti acara adat penerimaan tamu penggalang.

Sesi malam kemah bakti pramuka MTsN 6 Kebumen ditutup dengan sajian penuh khidmat pada acara renungan malam. Kak Saiman, Kak Sari Bulan, dan Kak Priyo mengajak semua siswa untuk muhasabah diri. Suasana haru mewarnai acara renungan malam ini. Tangis siswa pecah saat kakak-kakak pembina mengingatkan akan kekhilafan yang pernah kita perbuat selama ini.

Tepat pukul 12.00 wib kegiatan kemah bakti ini ditutup dengan upacara penutupan yang dipimpin oleh Kak Priyo. Dalam sambutannya, Kak Priyo berpesan untuk segera istirahat di rumah agar besok pagi bisa mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik. Semua siswa pulang ke rimah dengan tertib. (ww/fz/bd).