Sekolah Untuk Masyarakat Lanjut Usia: Meningkatkan Kualitas Hidup Melalui Pendidikan Seumur Hidup Bersama KUA

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo – Masyarakat lanjut usia (lansia) semakin menyadari pentingnya pendidikan seumur hidup dalam meningkatkan kualitas hidup mereka. Bertempat di Dusun Kemranggen Desa Wulungsari Kecamatan Selomerto, sebuah sekolah khusus lansia bernama “Setya Karya” telah didirikan dengan tujuan memberikan kesempatan belajar bagi generasi yang lebih tua.

Sekolah ini merupakan inisiatif kolaboratif antara PLKB Kecamatan Selomerto dengan KUA Kecamatan Selomerto yang peduli terhadap kesejahteraan lansia. Dengan menyediakan program pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka, sekolah ini bertujuan memberikan wadah bagi lansia untuk terus mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Salah satu materi yang diberikan dalam sekolah ini yaitu tentang Dimensi Spiritual yang disampaikan oleh Kepala KUA Selomerto, Sarif Hidayat, saat mengisi pendidikan pelajaraan agama untuk 45 orang lansia yang tergabung dalam Sekolah Lansia Unggul “Setya Karya”.

Dalam keterangannya, Sarif mengatakan, pertemuan pada hari Senin, (26/6) adalah pertemuan kedua. Acara dimulai dengan senam lansia dan dilanjutkan dengan materi pelajaran agama oleh Kepala KUA Kecamatan selomerto.

Dalam materinya, Sarif, menyampaikan pentingnya memanfaatkan waktu dan mengisinya dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, setelah memasuki usia lanjut kebanyakan orang mengurangi aktivitas sehari hari.

“Karena stamina sudah jauh berkurang, punya kondisi kesehatan tertentu atau tidak ada kesempatan. Padahal orang lanjut usia justru harus tetap aktif dengan melakukan beragam aktivitas yang berguna dan seimbang dengan kondisi setiap hari agar lansia tetap sehat dan bugar,” jelas Sarif.

Selain melakukan aktivitas fisik dan social, Sarif menyarankan agar para lansia juga mengisi hari-harinya dengan mendalami ajaran agama, “Sebaiknya banyak melakukan aktivitas keagamaan seperti mengaji bareng, mendengarkan majelis taklim, membaca buku agama guna meningkatkan kualitas spiritual,” tambahnya.

Ia menegaskan bahwa KUA Kecamatan Selomerto akan terus berkomitmen melakukan pendampingan pada Sekolah Lansia Unggul “Setya Karya” sebagai bentuk pengabdian dan pelayanan keagamaan pada masyarakat.

Mengetahui adanya program tersebut, Kakankemenag Kab. Wonosobo, Panut, menyampaikan bahwa pihaknya sangat mendukung sinergi yang baik antara PLKB dan KUA Kecamatan Selomerto dalam memperhatikan masyarakat lansia,

“Kami percaya bahwa pendidikan adalah hak semua orang, termasuk lansia. Sekolah ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk terus belajar dan tumbuh, serta menghadapi tantangan baru di masa tua mereka. Selain itu, di Sekolah ini juga menciptakan lingkungan sosial yang positif bagi lansia. Mereka dapat bertemu dengan teman seumur, berbagi pengalaman hidup, dan saling mendukung dalam perjalanan pendidikan mereka.” tandas Panut.

Menurutnya Pendidikan seumur hidup adalah investasi yang berharga dan setiap orang berhak mendapatkan dan memberikan ilmu kepada sesama.(Srf_hdyt/Pasa Adi/Sua).