Semarak Pembukaan Pesparani Nasional II Tahun 2022, Kontingen Jateng Optimis Pulang Membawa Kemenangan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kupang (Humas)-Semarak pembukaan resmi Pesta Paduan suara Gerejani (Pesparani) Katolik Nasional II tahun 2022 secara resmi dibuka oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas melalui video conference dan ditandai dengan pelepasan merpati serta balon. Pembukaan yang dilaksanakan di Stadion Oepoi, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat malam(28/10) menjadi lebih meriah dengan pertunjukan keberagaman dari berbagai daerah termasuk pertunjukkan tarian daerah asal Sumba yang diperagakan 10.000 penari.

“Kita melaksanakan Pesparani Nasional II. Tentu orang yang bernyanyi, hatinya gembira. Karena itu sekali lagi, kami menerima saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air, Umat Katolik yang hadir di Kota Kupang untuk melakukan Pesparani Nasional 2022 di kota ini,” tutur Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dalam sambutannya.

“Bernyanyi dengan hati gembira, karena tidak ada orang yang menyanyi dengan hati penuh dendam dan dengki. Hati yang gembira adalah obat, tapi semangat yang patah mengerikan tulang. Selamat berlomba!,” ujarnya.

Terdapat juga parade 34 Kontigen se-Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Seluruh kontigen memasuki lapangan stadion dengan memakai pakaian adat masing-masing. Kontingen Jawa Tengah terlihat optimis dan sumringah ketika melakukan parade dengan menggunakan pakaian adat Jawa Tengah, seperti kebaya, beskap, jawi jangkep dan juga jarik.

Dengam senyum bahagia, Kakanwil Kemenag Prov. Jateng Musta’in Ahmad didampingi Pembimas Katolik Kanwil Kemenag Prov. Jateng Kariyanto yang hadir langsung dalam pembukaan tersebut, mendukung sepenuh hati untuk keberhasilan kontingen kebanggaan Jawa Tengah. Kakanwil Musta’in Ahmad bersama dengan segenap kontingen asal Jawa Tengah, optimis pulang membawa kemenangan.

“Melalui Pesparani Katolik Tingkat Nasional II di Kupang NTT, mari kita perkokoh kebersamaan umat mewujudkan persaudaraan sejati Indonesia yang maju dan sejahtera,” tutur Musta’in Ahmad.

“Bukan sekedar berlomba dan mengasah kemampuan tetapi menjadi ajang untuk memperbaiki diri jadi pribadi yang lebih baik lagi. Selamat berlomba, jangan lelah dan terus harumkan nama Jawa Tengah!,” pungkasnya.

Berikut adalah mata lomba dari Pesaparani Nasional II tahun 2022 Lomba Paduan Suara Anak,
Lomba Cerdas Cermat Anak, Lomba Bertutur Kitab Suci, Lomba Paduan Suara Remaja, Lomba Paduan Suara Gregorian Remaja, Lomba Paduan Suara Dewasa Wanita, Lomba Paduan Suara Dewasa Pria, Lomba Menyanyikan Mazmur.

Kontingen Jawa Tengah terdiri dari 32 peserta lomba, 17 pengurus LP3KD Jawa Tengah, dan 4 official. Berikut adalah rincian peserta, antara lain 21 orang mengikuti Lomba Paduan Suara Dewasa Campur, 3 orang mengikuti Lomba Cerdas Cermat Anak, 3 orang mengikuti Lomba Cerdas Cermat Remaja, 1 orang Lomba Bertutur Kitab Suci, 1 orang mengikuti Lomba Menyanyikan Mazmur Kategori Anak, 1 orang mengikuti Lomba Menyanyikan Mazmur Kategori Remaja, 1 orang mengikuti Lomba Menyanyikan Mazmur Kategori OMK, dan 1 orang mengikuti Lomba Menyanyikan Mazmur Kategori Dewasa.

Pesparani merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Agama RI melalui Ditjen Bimas Katolik dengan Lembaga Pembinaan Pengembangan Pesparani Katolik Nasional (LP3KN). Yang menarik dari pembukaan Pesparani II Nasional yakni bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 tahun. (ps/rf)