Semarakkan Hardiknas, Pemkab Pekalongan Gelar Upacara Bendera dan Lomba Gobak Sodor

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB. PEKALONGAN,- Dalam rangka menyemarakkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati pada tanggal 2 Mei 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan menggelar upacara bendera dan lomba permainan olahraga tradisional gobak sodor di Lapangan Komplek Kantor Setda Kabupaten Pekalongan, Selasa (02/05/2023).

Diketahui bahwa upacara bendera tersebut juga sekaligus dalam rangka memperingati Hari Otonomi Daerah (Otda) yang jatuh pada tanggal 25 April 2023 lalu.

Upacara bendera dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pekalongan M. Yulian Akbar selaku inspektur upacara. Dihadiri peserta dari unsur Forkopimda Kabupaten Pekalongan, unsur pejabat struktural, pejabat fungsional, dan segenap ASN di Lingkungan Pemkab Pekalongan.

Turut hadir pula dalam upacara Hardiknas tersebut para pejabat, para guru madrasah dan guru PAI di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan.

Menariknya selama upacara bendera, para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di Kabupaten Pekalongan mengikuti upacara dengan memakai pakaian adat.

Dalam upacara tersebut, Sekda Akbar membacakan sambutan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia (Mendikbud-Ristek) Nadiem Anwar Makarim yang isinya mengajak untuk bersama-sama menyemarakkan Hardiknas dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan.

Selanjutnya, Sekda Akbar mewakili Pemkab Pekalongan menyampaikan ucapan terima kasih kepada para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan atas peran dan kerja keras selama ini dalam mencerdaskan anak-anak diKabupaten Pekalongan, “Ini sesuai dengan prioritas Bupati. Salah satunya adalah bidang pendidikan. Banyak hal yang sudah kita lakukan. Ada beberapa kinerja yang sudah membaik secara makro,” ujarnya

Sekda Akbar juga menyampaikan apresiasi atas prestasi Kabupaten Pekalongan yang berhasil meraih peringkat 1 dalam platform Merdeka Belajar, “Ini saya kira prestasi yang membanggakan kita harus tetap pertahankan sembari kita meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Pekalongan,” katanya.                 

Terkait peringatan Hari Otda, Sekda mengatakan bahwa Peringatan Hari Otda Ke-27 menjadi pendorong pemerintah untuk berkomitmen membangun kemandirian terutama dari sisi keuangan daerah. Meningkatkan pendapatan asli daerah terkait dengan fiskal yang muaranya diharapkan terwujud komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, Sekda Akbar menyampaikan bahwa peringatan Hari Otda menjadi pengingat bagi para ASN di Kabupaten Pekalongan bahwa mereka merupakan abdi negara dan abdi masyarakat yang tugasnya melayani masyarakat, merespon pengaduan layanan masyarakat, dan meningkatkannya, “Saya mengajak kepada kawan-kawan ASN peringatan OTDA ini jadikan sebagai momentum untuk memperbaiki diri,” ucapnya.

Diakhir upacara, Sekda selaku Penasihat DWP (Dharma Wanita Persatuan) Kabupaten Pekalongan didampingi Ketua DWP Kabupaten Pekalongan Tri Rafika Yulianti Yulian Akbar, Ketua DWP Unsur Pelaksana Dindikbud Kabupaten Pekalongan Lussy Yanti Kholid dan Kepala Dindikbud Kabupaten Pekalongan Kholid menyalurkan santunan dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) unsur Pelaksana Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan kepada 42 orang anak yatim atau piatu di Kabupaten Pekalongan.

Demikian, peringatan Hardiknas di Kabupaten Pekalongan dilanjutkan dengan lomba gobak sodor yang diikuti siswa-siswi SD-SMP Kabupaten Pekalongan. Melalui lomba yang dilaksanakan diperoleh juara 1 Lomba Gobak Sodor kategori SD berhasil diraih oleh Korwil Kajen, juara 2 diraih oleh Korwil Talun, dan juara 3 diraih oleh Korwil Wonokerto. Sementara itu, untuk juara 1 lomba gobak sodor kategori SMP berhasil diraih SMP N 3 Bojong, juara 2 diraih SMP N 1 Wonopringgo, dan juara 3 diraih SMP N 1 Doro. (Prokompim/MTb/bd)