Sofia Nur Hadiri Acara Konsolidasi Kelembagaan KUA & Manajemen Kinerja Pimpinan Di Jakarta

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Sofia Nur, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Magelang telah bertolak ke Jakarta untuk ikuti kegiatan Konsolidasi Kelembagaan Kantor Urusan Agama (KUA) dan Manajemen Kinerja Pimpinan Tingkat Kabupaten/Kota, (Senin, 5/6)

Revitalisasi KUA menjadi salah satu dari beberapa sasaran utama program kementerian agama RI.  Untuk mensukseskannya, sejak hari Senin kemaren hingga besok Rabu kegiatan konsolidasi ini digelar di Merlynn Park Hotel Jakarta Pusat.

Berbagai materi dan pemahaman diberikan sebagai bekal bagi peserta mengenai norma dan kebijakan desain kelembagaan KUA untuk kedepannya. Termasuk juga didalamnya kiat-kiat untuk menggerakkan seluruh lembaga KUA beserta potensinya untuk satu tujuan dengan skema yang terintegrasi.

Berkenan membuka acara yakni Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah  pada Dirjen Bimas Islam Kemenag RI H. Zaenal Mustamin.

Sofia Nur dalam kesempatan tersebut mengungkapkan kesyukurannya berkesempatan untuk mengikuti kegiatan.

”Alhamdulillah berkesempatan untuk hadiri kegiatan yang sangat penting ini. Banyak ilmu dan pengalaman terkait bagaimana caranya mengoptimalisasi peran KUA dalam berikan layanan terbaik kepada masyarakat,” ungkap Sofia.

”Kedepan, tentunya menjadi tanggungjawab seluruh jajaran kementerian agama di tingkat kabupaten atau kota untuk pengolaannya. Sehingga KUA yang ada ditiap-tiap kecamatan tidak hanya berikan layanan dalam urusan keagamaan semata, namun lebih luas lagi yaitu sebagai pusat layanan umat,” imbuhnya.

Ia juga menjelaskan jika setiap Kepala Kankemenag Kabupaten/Kota memiliki tanggungjawab terhadap kelancaran operasional KUA diwilayahnya. Hal ini mendasarkan pada PMA terbaru yakni nomor 34 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Urusan Agama Kecamatan beserta perubahannya. (Hari/rf).