Sosialisasi TTE dan Tasurdin Kemenag Kab. Temanggung

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Dalam rangka percepatan penerapan TTE dan Tasurdin, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung menyelenggarakan sosialisasi TTE dan Tasurdin untuk Kasubbag TU, Kasi, Penyelenggara dan pegawai dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Selasa (5/4).

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Ahmad Muhdzir menyampaikan apresiasi kepada jajarannya. Pada akhir tahun 2021, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung telah menyelenggarakan sosialisasi serupa berbasis aplikasi SSO (Single Sign On), akan tetapi belum bisa mengimplentasikannya pada masing-masing unit kerja serta dirasa belum maksimalnya hasil dari sosialisasi pertama, maka mengawali tahun 2022 sosialisasi ini kembali digelar.

Kepala kantor berharap setelah diadakan sosialisasi Tasurdin untuk segera diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas kedinasan sehari-hari, agar nantinya aplikasi ini dapat dikembangkan.

“Jika penggunaan aplikasi ini telah terimplementasikan betul, harapannya dapat dimodifikasi, karena Tasurdin akan bermuara pada tata arsip, sehingga nantinya Tasurdin dapat dibuatkan link secara langsung dengan sistem arsiparis, sehingga otomatis surat-surat yang dibuat ini akan terarsip dengan baik,” imbuhnya.

“Yang tak kalah penting adalah pemahaman dalam kodefikasi surat, karena hal tersebut merupakan kunci dalam kearsipan. Inilah yang dimaksud dengan efisiensi, yaitu pelaksanaan tugas melalui satu aplikasi tetapi langsung didapat beberapa output sekaligus,” lanjutnya.

Dalam Tasurdin melibatkan banyak pihak, diantaranya drafter, pelaksana, pejabat, PTSP dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha sebagai palang pintu Tasurdin. Oleh karenanya semua pihak-pihak terkait harus ikut berpartisipasi.

Perlu diperhatikan pula ketelitian dan kejelian dalam pembuatan konsep surat dinas, Bahasa yang digunakan padat, singkat dan jelas atau efektif dan efisien, dengan tetap memperhatikan kaidah Tasurdin. Beliau menyampaikan bahwa dalam melaksanakan Tasurdin digital diperlukan dukungan koneksi internet, maka ia mengingatkan agar hal ini dipersiapakan dengan baik, supaya tidak ada kendala dalam pelaksanaannya.(sr/rf)