Tes Urine ASN Kankemenag Kota Salatiga

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga —- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Salatiga bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Salatiga melaksanakan kegiatan tes urine bagi para ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, Kamis, (11/05/2023) bertempat di MAN Salatiga.

Tampak hadir Kepala Kankemnag Kota Salatiga, Kepala Badan Kesbangpol Kota Salatiga, Kasubag TU Kankemang Kota Salatiga, Humas, Kabid Ketahanan Ekonomi Sosial Budaya dan Ormas Badan Kesbangpol Kota Salatiga serta Kepala MAN Salatiga.

Adapun jumlah peserta tes urine 100 orang terdiri ASN satu atap, unsur KUA, Penyuluh dan dari Madrasah.

Kakankemenag Kota Salatiga, H. Wiharso menyampaikan bahwa kegiatan tes urine bagi para ASN Kankemnag Kota Salatiga ini dilakukan secara mendadak untuk mensosialisasikan dalam rangka upaya pencegahan dan menghindari bahaya narkoba.

“Kita sebagai Aparat Sipil Negara (ASN) apalagi sebagai pegawai Kementerian Agama harus mampu memberikan contoh yang baik pada warga masyarakat,” tuturnya.

Lebih lanjut H. Wiharso mengatakan  sosialisasi ini sangat penting agar selalu waspada dan terhindar dari bahaya narkoba di lingkungan masing-masing, khususnya di lingkungan kerja.

Selanjutnya H. Wiharso berpesan sebagai ASN Kemenag harus menjadi teladan dan contoh agar tidak menyalahgunakan narkoba serta membantu mensosialisasikan bahaya narkoba dimasyarakat, “Seperti Penyuluh Agama harus terlibat mensosialisasikan ditengah-tengah masyarakat serta di lingkungan madrasah maupun di lingkungan masing-masing,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Ekonomi Sosial Budaya dan Ormas Badan Kesbangpol Kota Salatiga, Edy mengatakan ancaman narkotika di Indonesia, tidak hanya menjadi permasalahan di kota tetapi sudah masuk ke tingkat desa dan sudah merambat ke sekolah.“Ini menjadi tugas kita bersama dalam upaya pencegahan bahaya nakoba,” ujarnya.

Kepala BNNK Kota Salatiga, yang saat ini masih dipegang Badan Kesbangpol Kota Salatiga, Drs. Valentino Tanto Hariwibowo, MM mengawal langsung proses tes urine tersebut didampingi staf dan tenaga  medis dari Puskesmas Sidorejo Kota Salatiga mengatakan tes urine ini diawali dari instansi vertikal yakni dari ASN dilingkungan Kankemenag Kota Salatiga, namun kegiatan tes urine tersebut belum bisa menjangkau seluruh ASN Kankemang Kota Salatiga karena adanya keterbatasan kuota.

“Tes urine yang kami lakukan ini berkat kerja sama dengan Kemenag Kota Salatiga,  dan akan berlangsung secara bertahap sehingga sifatnya menyeluruh. Sebab, menurut dia, masih ada sejumlah PNS yang belum mengikuti tes urine lantaran bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat,’ katanya.

Pihaknya berharap sinergi Kementerian Agama dengan BNNK Salatiga dapat terjalin dengan baik dalam mensosialisasikan dan menyampaikan informasi bahaya narkoba.(Humas/Khusnul-Fitri/Sua)