Tiga Hari Matsama Di MTs Negeri 1 Kota Semarang Berlangsung Khidmat Dan Ceria

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Matsama (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah)  MTs Negeri 1 Kota Semarang telah telaksana dengan baik selama tiga hari, yaitu Senin (18/7) s.d. Rabu (20/7). Kegiatan Matsama di MTs Negeri 1 Kota Semarang dimulai dengan diadakannya upacara atau apel bersama di lapangan. Selama kegiatan upacara berlangsung hikmat dan tertib. Upacara dipimpin oleh Kepala Madrasah Negeri 1 Kota Semarang, H. Kasturi. Dalam sambutannya beliau menyampaikan selamat datang kepada siswa baru kelas VII, “Merupakan sebuah kebanggaan siswa baru bisa masuk ke MTs Negeri 1 Kota Semarang, karena madrasah ini salah satu madrasah yang banyak diminati oleh warga Kota Semarang. Untuk dapat diterima di MTs Negeri 1 Kota Semarang tidaklah mudah, karena harus mengikuti berbagai tes ataupun ujian masuk, oleh karenanya siswa yang diterima di madrasah ini adalah siswa pilihan terbaik untuk menjadi yang terbaik, karena prestasi yang akan kalian raih selama belajar di MTs Negeri 1 Kota Semarang,” jelas beliau. Lalu pembukaan Matsama ditandai dengan pelepasan balon. Suasana hidmat dan meriah.

Setelah upacara berlangsung peserta upacara pasukan paskibra menampilkan gerakan yang membuat seluruh peserta terpesona. Dimulai dengan gerakan berbaris sampai dengan gerakan yang menunjukkan variasi baris dan tari. Selain itu disebutkan pula nama-nama siswa berprestasi yang telah memenangkan berbagai lomba kejuaraan akademik dan non akademik, baik meraih tingkat kota, tingkat nasional, sampai dengan tingkat internasional. Prestasi yang diraih oleh para siswa MTs Negeri 1 Kota Semarang diperoleh berkat dukungan Bapak/Ibu guru, orang tua, dan pastinya kerja keras, semangat para siswa dalam mengikuti

berbagai ajang kejuaraan baik di tingkat kota sampai dengan tingkat nasional.

Setelah apel selesai para siswa baru masuk ke kelas masing-masing untuk mendapatkan materi Matsama dan mengikuti kegiatan pembiasaan yang dilakukan di MTs Negeri 1 Kota Semarang. Pembiasaan pertama dilakukan dengan shalat dhuha yang didampingi ibu oleh guru pendamping. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan materi seperti mata pelajaran umum dan agama apa saja yang akan diperoleh para siswa selama belajar di MTs Negeri 1 Kota Semarang. Belajar pembiasaan seperti membaca doa akan belajar, saat pergantian jam pelajaran, dan doa akan pulang. Selain itu para siswa juga dibiasakan membawa bekal makanan dan minuman dikarenakan kegiatan belajar selama di MTs Negeri 1 Kota Semarang akan berlangsung sampai dengan pukul 14.30 setiap hari Senin sampai dengan Kamis, pukul 11.00 untuk hari Jumat, dan pukul 12.00 untuk hari Sabtu.

Para siswa baru juga diajak berkeliling oleh OSIS untuk melihat-lihat dan menjelaskan berbagai tempat ataupun fasilitas yang ada di MTs Negeri 1 Kota Semarang. Mulai dari gerbang madrasah, kelas, ruang kamad, ruang TU, ruang guru, kantin dan koperasi, perpustakaan dan berbagai laboratorium sampai dengan fasilitas bording yang ada di MTs Negeri 1 Kota Semarang. Siswa baru juga diajak untuk mengikuti kegiatan salat dzuhur berjamaah yang biasa dilakukan di MTs Negeri 1 Kota Semarang. Setelah tiga hari kegiatan matsama berlangsung, lalu ditutup dengan apel pada siang hari.

Kegiatan apel hanya diikuti oleh para siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kota Semarang. Apel pada saat penutupan dipimpin oleh waka kurikulum, Bapak H. Mardjoko. Dalam amanatnya beliau menyampaikan, “Alhamdulillah selama kegiataan Matsama berlangsung dengan baik dan tertib. Semoga dengan adanya kegiatan Matsama ini anak-anak dapat lebih mengenal madrasah, dan dapat menjadi motivasi para siswa untuk mengukir prestasi dan memiliki rasa sayang dan sopan santun pada kakak kelas maupun pada bapak/ ibu guru. Semoga saja kalian dapat mengikuti pembiasaan di madarasah ini dengan baik dan tertib.”

Kegiatan Matsama dipantau oleh Tim Website Emtessa unuk ditulis berita dan mengundang pihak TVRI Jawa Tengah untuk meliput kegiatan pembukaan Matsama. Acara berlangsung hidmat, meriah, tertib,dan ceria.  (Humas Emtessa/bd)