Uji Coba KSM Berjalan Lancar

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang – Sebagai persiapan akhir pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2023 tingkat Kabupaten Pemalang, Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kabupaten Pemalang mengadakan uji coba pelaksanaan KSM mulai hari Rabu (5/7) sampai hari Jumat (7/7). Uji coba dilaksanakan secara daring oleh operator madrasah yang akan digunakan sebagai tempat pelaksanaan KSM. Uji coba dipandu secara langsung oleh admin KSM tingkat Kabupaten Pemalang.
“Pelaksanaan uji coba ini untuk memastikan persiapan pelaksanaan KSM secara daring di tingkat Kabupaten Pemalang bisa berjalan lancar. Ini juga sebagai upaya dukungan kepada siswa yang akan mengikuti KSM sebagaimana surat dari Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, sehingga mereka bisa fokus pada pengerjaan soal,” jelas Kepala Seksi Penma, Khabibur Rokhman saat memantau pelaksanaan uji coba, Kamis (6/7).
Menurut keterangan dari Ikhwan Fathur Riyadi selaku admin uji coba dari Seksi Penma, pelaksanaan uji coba secara keseluruhan berjalan lancar namun masih ada beberapa kendala seperti swafoto.
“Sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan KSM, bahwa sebelum siswa mengerjakan ujian, harus melakukan swafoto menghadap kamera sambil menunjukkan kartu peserta, tetapi masih banyak siswa yang lupa untuk melakukan swafoto,” kata Ikhwan.
Sesuai jadwal, KSM tahun 2023 tingkat Kabupaten Pemalang akan dilaksanakan mulai hari Sabtu (8/7) jenjang MA, Ahad (9/7) jenjang MTs, dan Senin (10/7) jenjang MI. KSM tingkat Kabupaten Pemalang akan diikuti oleh sebanyak 615 peserta. Adapun mata pelajaran yang diujikan untuk jenjang MI adalah Sains IPA Terintegrasi dan Matematika Terintegrasi. Untuk jenjang MTs adalah IPA Terpadu, IPS Terpadu, dan Matematika Terintegrasi. Sementara jenjang MA adalah Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi. (ifr/fi/rf)