Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, MIN 1 Semarang Tampilkan Gerak Lagu dan Tari Pelajar Pancasila

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Ungaran–Kamis, (1/6) Para siswa beserta dewan guru dan karyawan laksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023, Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global.

Upacara yang diselenggarakan di halaman madrasah ini berbeda dengan upacara yang dilaksanakan pada hari-hari biasanya. Selain karena peringatan hari khusus, pada upacara kali ini ditampilkan lagu dan senam Pelajar Pancasila serta Tarian Jaranan oleh siswa kelas 4 sebagai implementasi dari Kurikulum Merdeka sebagaimana yang disampaikan Sri Widayati Rohmad Susanti selaku Seksi Kesiswaan sekaligus guru kelas 4 ditemui pasca upacara.

“Kegiatan ini merupakan implementasi dari pelaksanaan Kurikulum Merdeka di kelas sekaligus sebagai persiapan gelar karya akhir bulan ini,” ungkap Sri Widayati.

Selain itu, Sulhadi Hadi selaku pembina upacara berpesan bahwa momentun lahirnya Pancasila harusnya menjadi momen berharga untuk merefleksikan nilai-nilai pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup.

“Sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, negara kita sebagai negara beragama yang mengakui banyak agama maka kita harus bertanggungjawab terhadap kewajiban kita sebagai umat beragama dan warga negara yang baik maka kewajiban itu harus ditunaikan dan sikap toleransi harus ditegakkan. Supaya tercipta Indonesia yang aman, kuat dan damai,” ujarnya.

Beliau juga menyampaikan nilai-nilai pada sila lainnya yang harus betul-betul diterapkan dalam kehidupan sehari-hari supaya negara ini semakin maju kedepannya sehingga kehidupan berbangsa dan bernegara semakin harmonis.(HRA/Sua)