Wakil Menteri Agama Hadiri Wisuda PGPQ Kendal

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa’adi didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal menghadiri acara wisuda Pendidikan Guru Pengajar Al-Quran (PGPQ) Markhalatul Ula ke 34 Kabupaten Kendal, Kamis (18/5) di Pendopo Tumenggung Bahurekso.

Kehadiran Wakil Menteri Agama menyampaikan ceramah dengan tema “Mengajar Al-Quran di Era Moderasi Beragama”. Dimana saat ini masih banyak kekeliruan dalam pemahaman tentang moderasi beragama, sehingga perlu diluruskan bahwa moderasi beragama adalah pemahaman beragama yang rahmatan lil alamin.

“Moderasi beragama adalah cara pandang perilaku dalam beragama secara moderat/tengah- tengah, menghindari pemahaman beragama yang ekstrim, baik ke kanan maupun ke kiri sehingga menimbulkan perpecahan dan keresahan antar umat,” terangnya.

Hadir memberi sambutan, Bupati Kendal Dico M Ganinduto yang menyampaikan apresiasi atas kerja keras dan kontribusi para guru TPQ dalam mencetak generasi emas yang berakhlak mulia. Menurutnya Fuspaq tidak hanya menaungi guru TPQ di Kendal saja namun juga mengirimkan guru TPQ ke luar daerah, seperti di Batam sehingga peran Fuspaq Kendal juga untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

“Kami dari Pemkab Kendal akan terus berupaya meningkatkan kesejahteraan guru TPQ. Hal ini sudah kami buktikan dengan menaikkan insentif guru TPQ yang sebelumnya Rp.600.000 menjadi Rp.1.200.000,” tutur Bupati Dico.

Sebagai bentuk pembinaan Fuspaq dalam rangka mengembangkan pendidikan Al-Quran maka setiap guru TPQ harus memiliki kompetensi dengan mengikuti pendidikan selama empat bulan dan selanjutnya berhak menerima Sertifikat Kompetensi Guru TPQ. Adapun wisuda PGPQ ke 34 ini diikuti sebanyak 580 peserta. (bel/rf)