Walikota Aaf : Jaga Nama Baik dan Berikan yang Terbaik dalam PORSEMA Jateng 2023.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KOTA PEKALONGAN –  Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, didampingi Ketua Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Kota Pekalongan, Ustadz Djawahir melepas ratusan atlet, guru pendamping, maupun pengurus yang tergabung dalam Kontingen Ma’arif NU Kota Pekalongan baik tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTS) dan Madrasah Aliyah (MA) yang akan bertanding dalam ajang Pekan Olahraga dan Seni Ma’arif Nu (PORSEMA) Jawa Tengah XII Tahun 2023, berlangsung di Ruang Jlamprang Setda Kota Pekalongan, Rabu (8/2/2023). Para kontingen asal Kota Pekalongan ini akan bertandang ke Ungaran, Kabupaten Semarang selama 3 hari, mulai 9-11 Februari 2023.

Walikota Aaf, sapaan akrabnya mengucapkan selamat dan sukses kepada para atlet, guru pendamping dan pengurus Kontingen Ma’arif NU Kota Pekalongan yang akan mengikuti ajang Pekan Olahraga dan Seni Ma’arif Nu (PORSEMA) Jawa Tengah XII Tahun 2023 di Ungaran, Kabupaten Semarang.

“Hari ini ada pelepasan para atlet Kontingen LP Ma’arif NU Kota Pekalongan Tahun 2023 yang akan bertanding di ajang PORSEMA Jawa Tengah ke-12 di Ungaran, Kabupaten Semarang. Saya sendiri tidak menyangka sebenarnya ternyata banyak sekali atlet yang dikirimkan sebanyak 195 orang atlet, ditambah guru pendamping dan pengurus sehingga total ada lebih dari 200an orang,” ucap Aaf.

Aaf berpesan kepada mereka yang akan bertanding agar senantiasa menjaga nama baik Kota Pekalongan melalui sikap yang baik pula dan tidak bermain curang, serta memberikan penampilan terbaik dari apa yang telah dipersiapkan dan dilatih oleh guru pendamping sebelumnya. Dengan melihat semangat para pelajar NU yang menjadi atlet Porsema ini, Aaf yakin dan percaya, dalam beberapa event kejuaraan cabang olahraga (cabor) mampu membawa pulang piala maupun piagam penghargaan.

“Mudah-mudahan semuanya lancar. Yang terpenting jaga nama baik, jangan lupa berdoa dan berusaha, berangkat dari Kota Pekalongan, selama bertanding di Ungaran dan kembali ke Kota Pekalongan dilancarkan serta diberi kesehatan. Untuk atlet yang mampu berprestasi juara 1 di ajang ini tadi Saya sudah sampaikan kepada pengurus akan mendapat bonus khusus dari Saya sebagai bentuk apresiasi dan memotivasi baginya maupun teman-temannya yang belum menang agar di tahun mendatang bisa semakin semangat berprestasi,”tegasnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Kota Pekalongan, Ustadz Djawahir menjelaskan bahwa, pelepasan atlet ini dimaksudkan untuk memohon doa restu dan dukungan dari Walikota Aaf agar bisa dilancarkan dalam mengikuti pertandingan PORSEMA Jawa Tengah ke-12 Tahun 2023 di Ungaran pada 9-11 Februari 2023. Pihaknya menyebutkan, jumlah peserta Kontingen Kota Pekalongan yang diberangkatkan ke ajang PORSEMA tingkat Jawa Tengah ini ada 195 orang atlet terdiri dari 48 orang pelajar MI, 73 pelajar MTS, dan 74 pelajar MA, serta ditambah pendamping sekaligus pengurus sebanyak 85 orang.

“Alhamdulillah untuk persiapan PORSEMA Tahun 2023 ini kami sudah serahkan ke guru pendamping masing-masing dari mulai tingkat MI, MTS, dan MA yang sudah berjalan sejak Bulan Desember 2022 lalu,” terang Ustadz Djawahir.

Dengan kerja keras, latihan dan ikhtiar yang sudah dilakukan selama ini, pihaknya berharap, para atlet bisa menorehkan prestasi yang terbaik sesuai dengan harapan bersama. Ustadz Djawahir menilai, dalam persiapan ajang PORSEMA Tahun 2023 sangat luar biasa, dimana  Kota Pekalongan sebelumnya hanya mengirimkan sebagian atletnya, di tahun ini hampir semua cabor yang dilombakan, para atlet bisa diikutsertakan.

Lanjutnya, adapun cabang seni yang diperlombakan dalam PORSEMA ini diantaranya senam NU, tilawah, debat Bahasa Inggris, pidato 4 bahasa (Inggris, Indonesia, Jawa, dan Arab), kaligrafi, poster, dan sebagainya. Sementara, untuk cabang olahraganya yaitu lari 100 meter, catur, voli, dan lain-lain.

“Targetnya paling tidak seperti tahun sebelum pandemi kita bisa membawa 7 atau 8 medali. Syukur-syukur di Tahun 2023 ini para atlet yang dikirimkan bisa semuanya berhasil membawa medali,” tandasnya. (RAFID/ANT/bd).