Workshop IKM

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN, – Kamis (22/6/23) Civitas akademika MAN Pekalongan megikuti Workshop Implementasi Kurikuium Merdeka di hotel Dafam. Workshop IKM membedah penyusunan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka. Kegiatan workshop diikuti 57 guru pukul 08.00 – 16.00 WIB. Adapun nara sumber kegiatan workshop Rizqy Rahmat Hani, M.Pd. praktisi pendidikan Head of Kampus Pemimpin Merdeka.

Drs.H.Syaefudin kepala madrasah memaparkan bahwa MAN Pekalongan merupakan satu-satunya madrasah di karisedenan Pekalongan yang melaksanakan kurikulum merdeka tahun 2022. Perjalanan kurikulum merdeka selama 1 tahun merupakan ijtihad madrasah untuk mendukung program pendidikan. Salah satu ciri IKM adanya implementasi P5 yang digadang akan melahirkan generasi berkarakter. Kegiatan workshop IKM diharapkan para peserta memahami konsep kurikulum merdeka dan pelaksanaan di madrasah.

Supriyanto, M Pd selaku ketua panitia menyampaikan laporan pelaksanaan IKM yang diikuti 57 guru dan kepanitiaan dikoordinasikan staff TU. Sumber dana kegiatan workshop dari BOS tahun 2023. Harapan peserta untuk mengikuti dengan sungguh-sungguh dan dapat mengimplementasikan di madrasah.

Drs. H. Imam Thobroni, M.M. selaku Kepala Kantor Kemenag Kab. Pekalongan mengapresiasi MAN Pekalongan yang telah melaksanakan IKM satu tahun terakhir. Ijtihad kepala madrasah yang luar biasa dan didukung guru-guru yang hebat. Di dunia ilmu tidak mengenal usia tua tetapi semangat menuntut ilmu sehingga akan terasa muda. Kurikulum merdeka merupakan kebutuhan yang kebetulan lahir di tengah pandemi. Setidaknya Corona telah menjadi inspirasi berkembang lebih baik. Pendidikan tidak seperti mengisi bejana yang kosong tetapi pendidikan harus mempertimbangkan potensi dan bakat peserta didik. Pendidikan harus memanusiakan manusia. Ada bait syair yang menarik dan perlu dicamkan dalam hati ” Aku akan menjadi Aku. Kau akan menjadi Kau. Aku harus menjadi aku yang sesungguhnya”. Pendidikan harus membentuk karakter dan menanamkan cinta tanah air. Sukses untuk semuanya. Dengan membaca ” Bismillahirrohmanirrohim” Kegiatan Workshop IKM saya nyatakan dibuka. Semoga berjalan lancar dan menuai harapan. Terima kasih.

Kurikulum Merdeka merupakan kebutuhan yang diimplementasikan untuk membentuk karakter anak negeri. Merdeka bersama Kurikulum Merdeka. (MC-NA/MTb/bd)