๐—ž๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ป๐˜„๐—ถ๐—น ๐—ž๐—ฒ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ฎ๐—ด ๐—๐—ฎ๐˜๐—ฒ๐—ป๐—ด ๐—Ÿ๐—ฎ๐˜‚๐—ป๐—ฐ๐—ต๐—ถ๐—ป๐—ด “๐—ž๐—”๐— ๐—ฃ๐—จ๐—ก๐—š ๐— ๐—ข๐——๐—˜๐—ฅ๐—”๐—ฆ๐—œ ๐—•๐—˜๐—ฅ๐—”๐—š๐—”๐— ๐—”” ๐—ž๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ฏ๐—ฒ๐—ป๐—ฑ๐—ฎ

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

CILACAP–Jum’at (27/01/2023) Kantor Kementerian Agama Cilacap dengan dukungan Pemerintah Kabupaten Cilacap dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Cilacap melaunching Desa Karangbenda yang terletak di Kecamatan Adipala sebagai “Kampung Moderasi Beragama” di Kabupaten Cilacap.

Peresmian ini dihadiri oleh Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, H . Musta’in Ahmad, SH, MH dengan didampingi oleh Sekda Cilacap, Awaluddin Muuri, AP, MM beserta Forkopimcam Kecamatan Adipala. Turut hadir juga Ketua FKUB Kabupaten Cilacap, KH Ahmed Shoim El Amin, Lc, MH.
Kegiatan dibuka dengan sambutan sekaligus laporan dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, H. Imam Tobroni, S.Ag, MM yang menyampaikan bahwa Desa Karangbenda ini sangat tepat untuk dijadikan model Kampung Moderasi Beragama, karena desa ini adalah desa dengan โ€œzero conflictโ€ dalam masalah keagamaan. Beragamnya penganut agama di desa ini juga yang mendasari Kementerian Agama Kabupaten Cilacap menunjuk Karangbenda sebagai Kampung Moderasi Beragama.
Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan dan penetapan Keputusan Paguyuban Desa Kerukunan yang dibacakan oleh Kepala Desa Karangbenda, Sakino beserta para tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat yang ada di Desa Karangbenda. Setelah pembacaan keputusan,dilanjutkan Launching Kampung Moderasi Beragama oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, H. Musta’in Ahmad, SH, MH yang menyampaikan bahwa Toleransi di Desa Karangbenda dengan kemajemukan penganut agamanya sangat luar biasa, terlihat dengan harmonisnya kehidupan dan kerjasama umat beragama di Karangbenda.
Dalam kesempatan yang sama, Sekda Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri, AP, MM menyampaikan apresiasi atas launching kampung moderasi beragama. Dalam sambutannya, Sekda Cilacap menyampaikan bahwa kerukunan adalah pangkal dari semua proses-proses yang baik-baik dikemudian hari.
โ€œLaunching ini saangat bagus dan patut ditiru oleh desa desa lain, kalau perlu 284 desa dan kelurahan di kabupaten Cilacap semua menjadi Kampung Moderasi. Insya Alah kalau semua ada, tugas Kemenag dan FKUB menjadi sangat ringan. Ini merupakan inovasi yang sangat bagus sekali. Karangbenda bisa menjadi pilot project Kampung Moderasi beragama di kabupaten Cilacap”, Ungkap Sekda Cilacap.
Awaluddin Muuri, AP, MM juga menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang mensukseskan acara ini terlebih untuk Kementerian Agama Kabupaten Cilacap.(humas/agsbd/bd)