MAN 1 Cilacap Berjaya Di Ajang Porseni Guru & Siswa Se-Bakorwil V Banyumas

Banjarnegara – Untuk kali pertama ajang Porseni Guru dan Siswa Madrasah Aliyah Negeri se-Bakorwil V Banyumas dihelat di MAN 2 Banjarnegara pada hari Sabtu, 27 Oktober 2018. Ada enam cabang olahraga yang diperebutkan untuk guru yaitu; bola voli puteri, tunggal tenis meja, ganda tenis meja guru puteri. Sedang guru putera meliputi; tunggal bulutangkis, ganda bulutangkis dan futsal.

Kategori yang diperlombakan empat cabang meliputi; Pidato Bahasa Inggris, Pidato Bahasa Arab, Dongeng/bercerita Bahasa Inggris dan Dongeng/ bercerita Bahasa Arab.

Pada cabang bulutangkis tunggal wakil dari MAN 1 Cilacap hanya mampu menempati posisi ke-4. Ganda putra yang diwakili Isa Ansori dan Agus Sukowo langsung masuk babak perempat final melibas MAN 2 Banyumas dengan skor 2-0. Masuk semifinal final berhadapan dengan MAN 3 Banyumas dengan skor 2-1 dan pada partai final berhadapan dengan MAN 3 Cilacap sempat tertinggal di babak pertama 8-21, unggul di babak kedua 21-16 dan memenangi set ketiga dengan skor 21-18.

Futsal babak pertama berhadapan dengan MAN 1 Banjarnegara unggul 3-1. Sedang pada selanjutnya harus menyerah 4-1 dari MAN 2 Banyumas. Untuk perebutan tempat ketiga bertemu MAN 2 Cilacap unggul tipis 3-2 sehingga berhak menempati urutan tiga.

Cabang Tenis meja puteri untuk tunggal puteri tidak berdaya melawan MAN 1 Banjarnegara menyerah 0-2. Namun, di ganda yang diwakili oleh Eli Widoyo Retno dan Ika Estining PL, mampu meberi perlawanan MAN 2 Banjarnegara dengan keunggulan 2-1. Babak semifinal harus tunduk dengan MAN 2 Banyumas  1-2 dan pada perebutan ketiga MAN 1 Cilacap mampu mengatasi perlawanan sengit dari MAN 1 Banyumas dengan skor telak 3-0.

Cabang bola voli pada babak pertama sanggup mengatasi MAN 3 Cilacap dengan skor 2-0. Lawan MAN 3 Banyumas pada babak semifinal juga dengan skor 2-0. Puncak perebutan juara satu dan dua menghadapi MAN 1 Banyumas akhirnya sanggup menumbangkan lawan dengan skor tipis 2-1.

Secara keseluruhan cabang-cabang yang dipertandingkan untuk guru MAN 1 Cilacap berhasil mendapatkan dua juara 1 pada Bola Voli dan Ganda Bulutngkis, Juara III pada cabang Tenis Meja dan Futsal.

“Secara keseluruhan apa yang diperoleh dari kegiatan ini hasilnya jauh melebihi ekspetasi dengan sanggup keluar sebagai juara I dan III di empat cabang. Semoga menjadi lecutan untuk dasar berprestasi terutama cabang-cabang yang dilombakan untuk siswa ke depannya”, kata Suratno, Kepala Madrasah seusai pertandingan.

Lomba Pidato dan Mendongeng Siswa

Dari empat cabang lomba yang dipertandingkan untuk siswa yaitu pidato Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Mendongeng Bahasa Inggris dan Arab MAN 1 Cilacap mewakilkan empat siswanya yaitu; Ade Fathurrohman (X-IPA1, Pidato Bahasa Inggris), Naela Fariha Fajriyani (XI-Bahasa 1, Pidato Bahasa Arab), Nikmatul Khoeriyah (XI- Bahasa 2, Dongeng/bercerita Bahasa Arab) dan Arifah Riana(X-IPA 5, Dongeng/bercerita Bahasa Inggris)

Dari empat wakil akhirnya dua siswa MAN 1 Cilacap tembus Juara II Pidato Bahasa Inggris dengan mengambil tema “Proud of being madrasah students” oleh Ade Fathurrohman dan Juara II Lomba Dongen Bahasa Inggris yang menampilkan cerita Roro Jonggrang yang disampaikan dengan apik dan ekspresif oleh Arifah Riana. (Agus eS/bd)