MTs Negeri 2 Pekalongan Gelar Rakor Persiapan Vaksinasi Siswa Tahap II

Kab. Pekalongan – Dalam rangka mempersiapkan penyelenggaraan vaksinasi siswa tahap II, MTs Negeri 2 Pekalongan melaksanakan rapat koordinasi yang dihadiri oleh seluruh guru dan tenaga kependidikan. (Senin, 01/11/2021)

Rapat ini dipimpin oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, yang juga bertindak selaku ketua panitia, Matyuri, S.Pd.

“Rapat koordinasi ini digelar tentu saja dengan maksud agar pelaksanaan vaksinasi siswa tahap II nantinya berjalan lancar dan suskes,” kata Matyuri.

Dalam rapat koordinasi ini dibahas segala hal terkait persiapan kegiatan, mulai dari evaluasi penyelenggaraan vaksinasi siswa tahap I, alur, mekanisme, tempat, perlengkapan serta kepanitiaan vaksinasi tahap II, sampai rencana kegiatan pasca-vaksinasi siswa tahap II.

“Berdasarkan hasil koordinasi dan komunikasi dengan pihat terkait dalam hal ini Puskesmas Kesesi, diputuskan bahwa vaksinasi siswa tahap II akan diselenggarakan pada hari Rabu, tanggal 3 November 2021. Karena waktunya yang sangat mendesak, maka persiapan pun harus matang agar tidak ada kendala yang berarti pada saat pelaksanaan di hari H nanti,” demikian ungkap Matyuri.

Sementara itu, dalam sambutannya, Imam Sayekti, S.Pd., M.Si., M.Pmat selaku Kepala Madrasah mengingatkan pentingnya evaluasi vaksinasi tahap I sebagai salah satu acuan dalam mempersiapkan vaksinasi tahap II. Selain itu, Kamad juga menekankan bahwa setiap koordinator kegiatan dalam kepanitiaan bisa bekerja dengan timnya masing-masing, serta memastikan adanya kolaborasi yang efektif antar pos.

“Kita harus memastikan beberapa hal antara lain: pemberitahuan sampai ke siswa sebelum hari H pelaksanaan, administrasi yang dibutuhkan harus ada sinkronisasi dengan pihak Puskesmas, serta kesiapan tempat, sarana maupun prasarana. Sumber daya manusia dalam hal ini kepanitiaan harus bergerak seluruhnya. Seluruh elemen itu saling mendukung satu sama lain, ini yang harus kita tekankan” demikian tutur Imam Sayekti.

Diskusi yang berlangsung selama rapat koordinasi dilaksanakan tiga arah yakni antara peserta rapat yang semua bertindak sebagai anggota panitia, ketua panitia dan kepala madrasah selaku penanggung jawab kegiatan.

Dari hasil diskusi dan pembahasan bisa ditarik beberapa kesimpulan antara lain: setting tempat dan alur masih sama dengan vaksinasi I, yakni dimulai dari cek suhu badan, cek tensi, screening, vaksin, dan observasi. Sedangkan, yang berbeda adalah selain menyelenggarakan vaksinasi tahap II, panitia juga memfasilitasi vaksinasi tahap I khusus bagi siswa-siswa yang belum mengikuti vaksinasi tahap I dikarenakan berbagai alasan. Oleh karena itu, perlu dibedakan antara peserta vaksin I dan II agar tidak terjadi kesalahan terutama dalam hal input data. Selain itu, perlu juga disediakan sebuah ruang khusus untuk transit para tamu undangan dari unsur TNI, Polri, maupun Muspika setempat.

“Semoga dengan rapat koordinasi ini, akan semakin memantapkan langkah panitia dalam  menuntaskan kewajibannya yakni menyelenggarakan vaksinasi siswa tahap II. Insya Allah dengan berbekal persiapan yang matang serta team work yang baik, hasil yang maksimal akan bisa kita raih bersama.” harap Matyuri ketua panitia mengakhiri rapat hari ini. (Why/Ant/bd).